JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Workshop dan Pelatihan Manajemen Website BPTP Kalimantan Barat

Website sebuah institusi di zaman yang serba digital sekarang ini merupakan hal yang wajib adanya. Hal ini berkaitan juga dengan proyek e-government pemerintah dan juga UU Keterbukaan Informasi publik. Melalui website inilah sebuah lembaga akan bisa dikenal dan juga memudahkan orang banyak untuk mengakses informasi tentang lembaga/institusi tersebut.

 

BPTP Kalimantan Barat sebagai sebuah institusi pemerintah menyadari betul akan pentingnya sebuah website yang bisa memberikan publikasi dan juga informasi kepada masyarakat luas. Oleh karenanya, pada tanggal 14-16 Maret 2012 diadakan pelatihan untuk meningkatkan SDM pengelola website BPTP Kalimantan Barat.

 

Pelatihan ini bekerjasama dengan pengelola website Badan Litbang Kementerian Pertanian. Sebagai trainer adalah Ibu Erlita Adriani, Bapak Dhani Gartina dan juga Bapak Chandr Komala. Sedangkan peserta adalah Deden Fardenan, S.T.P., Sigit Uji Marzuki, ST, sebagai pengelola website BPTP Kalimantan Barat.

Sebelum masuk ke pelatihan teknis tentang web management dijelaskan terlebih dahulu tentang program e-government. Juga disinggung sedikit tentang Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Oleh karenanya untuk mendukung dua hal tersebut website merupakan hal mutlak yang harus dikelola dengan baik. Dalam pengelolaan web yang baik, diperlukan struktur manajemen pengelola web, mulai dari penanggung jawab, manajer, hingga web administrator. Dengan adanya manajemen pengelola web yang baik, diharapkan alur kerja dapat berjalan dengan maksimal dan tidak bertumpu pada satu atau dua orang saja.

Masuk ke hal teknis, peserta pelatihan di latih untuk dapat mengelola antarmuka website dan juga mengelola konten yang akan dimasukkan ke website. Mulai dari fungsi menu, model manager, content dan lain sebagainya. Sehingga pada akhir pelatihan diharapkan peserta bisa mengelola web dengan baik.