JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Koordinasi Terkait Pelepasan Tanaman Pinang dari Kabupaten Kayong Utara

Tanaman pinang mempunyai banyak manfaat mulai dari pohon sampai buahnya. Di dunia kesehatan, pinang digunakan sebagai obat beragam penyakit, mulai dari kanker, diare, cacingan hingga masalah kesehatan reproduksi sehingga pinang sangat laku untuk diperdagangkan. Umumnya biji pinang dikeringkan untuk diperdagangkan dipasar domestik maupun ekspor.
 
Sebagai informasi, Kalimantan Barat mempunyai potensi besar untuk pengembangan pinang untuk komoditas ekspor, dengan luas wilayah dan kondisi lahan yang baik untuk pengembangan pinang. Di daerah Punggur Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya telah berkembang tanaman pinang lokal unggulan dengan nama Pinang Seluang. Dengan buah berwarna jingga dan berbentuk lonjong, pinang seluang unggul ini dapat berbuah pada umur 3-3,5 tahun setelah tanam. Jumlah buah pertandan normal nya 100 sampai 250 biji.
 
Hari ini, Jumat (17/12) BPTP Kalimantan Barat menyambut hangat kedatangan Anggota DPRD Komisi III, Kab. Kayong Utara dan Dinas Pertanian Kab. Kayong Utara. Tujuan kedatangan Anggota DPRD Komisi III dan Distan Kab. Kayong Utara kali ini, untuk berkoordinasi terkait dengan rencana pelepasan pinang lokal yang berasal dari Kayong Utara.
Semoga, BPTP Kalimantan Barat dapat mengoptimalkan pengembangan tanaman pinang dan mampu mengembangkan pinang sebagai komoditas ekspor