JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Seminar Hasil Kegiatan BPTP Kalimantan Barat TA. 2021 Hari Kedua

Seminar hasil hari kedua ini (9/12), masih berlangsung di Aula Pertemuan BPTP Kalimantan Barat yang dihadiri oleh Penanggungjawab kegiatan serta Peneliti/Penyuluh BPTP Kalimantan Barat.
 
Pada hari kedua, kegiatan seminar hasil dimoderatori oleh Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si. (Peneliti) pada sesi pertama dan Dr. Ir. Gontom C. Kifli, M.Si. (Peneliti) pada sesi kedua, dengan total 6 (enam) kegiatan yang diseminarkan yaitu:
1. Produksi Benih Sumber Padi oleh Ir. Sari Nurita (Penyuluh)
2. Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di Kalimantan Barat, yang terdiri dari beberapa item kegiatan:
- Bimbingan Teknis Inovasi Teknologi Agribisnis Horti-Kelapa-Padi-Jagung mendukung Pembangunan Pertanian di Kalimantan Barat dan Temu Teknis oleh Ir. Revi Marsusi (Penyuluh)
- Hilirisasi Pengembangan VUB Jagung di Kalimantan Barat oleh Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si. (Peneliti)
- Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan melalui Perbenihan Padi di IP2TP Sungai Kakap oleh Abdullah Umar, S.P., M.Sc. (Peneliti)
- Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan pada IP2TP Selakau di Kalimantan Barat oleh Dadan Permana, S.P., M.Si. (Peneliti)
- Hilirisasi Pascapanen Talas dan Lada di Kalimantan Barat oleh Sigit Uji Marzuki, S.T., M.Eng. (Peneliti)
- Identifikasi Keragaan Kelembagaan dan Ekonomi Petani Jeruk dan Padi melalui Kegiatan PRA dan Baseline Survey di Kab. Sambas, Kalimantan Barat oleh Melia Puspitasari, S.P., M.P. (Peneliti)
3. Bimbingan Teknis Inovasi Teknologi Badan Litbang di Kalimantan Barat oleh Agus Subekti, S.P., M.P. (Penyuluh)
4. Pengkajian Perakitan Teknologi Budidaya Padi Produksi Tinggi pada Lahan Rawa Pasang Surut di Kalimantan Barat oleh Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si. (Peneliti)
5. Optimalisasi Pemanfaatan Lahan IP2TP Selakau sebagai Wahana Show-Window Inovasi Teknologi Budidaya Tanaman Sistem Surjan oleh Agus Subekti, S.P., M.P. (Penyuluh)
6. Penguatan Kelembagaan Petani mendukung Pengembangan Kawasan Jeruk di Kab. Sambas, Kalimantan Barat oleh Ir. Rusli Burhansyah, M.Si. (Peneliti)
 
Berbagai diskusi serta saran dan masukan dilakukan bersama Tim Monev dan Peneliti/Penyuluh BPTP Kalimantan Barat untuk memaksimalkan kinerja BPTP Kalimantan Barat.
Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai menegaskan kembali agar setiap pelaporan pelaksanaan kegiatan dapat tersusun dengan rapi dan dipertanggunjawabkan dengan baik.
 
Melalui seminar hasil ini, harapannya BPTP Kalimantan Barat dapat semakin transparan dan akuntabel. Semoga kegiatan BPTP Kalimantan Barat dapat memberi manfaat terutama dalam penerapan inovasi teknologi Balitbangtan yang telah didiseminasikan untuk petani dan stakeholder terkait.