JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Visitor Plot BPTP Kalimantan Barat

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) seluruh Indonesia tentu tidak asing lagi bukan dengan visitor plot di lingkungan kantor? Begitu pula dengan BPTP Kalimantan Barat, namun ada yang menarik nih terkait kondisi di lingkungan kantor yang tentunya didasari oleh kondisi geografis.
 
BPTP Kalimantan Barat terletak di Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, sekitar 4,3 km dari Tugu Khatulistiwa yang menjadi icon Kalimantan Barat. Provinsi Kalimantan Barat terletak di bagian barat pulau Kalimantan atau di antara garis 2008’ LU serta 3002’ LS serta di antara 108030’ BT dan 114010’ BT pada peta bumi. Berdasarkan letak geografis yang spesifik ini, Kota Pontianak tepat dilalui oleh garis Khatulistiwa (garis lintang nol derajat). Karena pengaruh letak ini pula, maka Kalimantan Barat adalah salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembaban yang tinggi. Sepanjang tahun, suhu biasanya bervariasi dari 24°C hingga 32°C dan jarang di bawah 23°C atau di atas 34°C.
 
Kondisi ini membuat Bapak Hartono, SP (PJ Visitor Plot BPTP Kalbar) harus terus berinovasi dan menyesuaikan terkait jenis komoditas yang ditanam di sekitar kantor BPTP Kalbar agar dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan suhu udara cukup tinggi. Bulan Desember 2021 visitor plot BPTP Kalimantan Barat dihiasi dengan lobak putih yang berada di kanan kiri jalan menuju kantor. Menurut informasi dari bapak Hartono, hari ini Rabu (8/12) lobak putih berumur 40 hst yang rencananya akan dipanen pada hari Juma’t (17/12) di umur 49 hst.
 
Hasil panen lobak putih nantinya akan didiseminasikan kepada teman-teman internal kantor BPTP kalbar, tentunya sebagai bentuk kebersamaan dan pemenuhan gizi bagi pegawai. Semoga pemanfaatan pekarangan kantor dengan ditanami berbagai macam tanaman terus berjalan dan memberi manfaat, baik internal maupun eksternal kantor.
 
SobaTani...yuk manfaatkan pekaranganmu!
Semangat untuk terus bertani!
"Agro Inovasi Tiada Henti"