JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Hilirisasi Pascapanen Talas "Teknologi Pembuatan Tepung Talas"

Memasuki bulan terakhir di tahun 2021, BPTP Kalimantan Barat tetap berusaha produktif melakukan berbagai kegiatan. Hari ini, Jum'at (3/12/21) kembali diadakan hilirisasi pascapanen bertempat di BPTP Kalbar dan materi kali ini adalah "Teknologi Pengolahan Tepung Talas". Kegiatan dibuka oleh Dr. Rustan Massinai (Kepala BPTP Kalbar) dan peserta bimtek adalah pemilik UMKM Keripik Talas "Mbak Tum" dan ibu-ibu Kelompok Wanita Kreatif (KWK) Bougenville Pontianak.
 
Penyampaian materi dimoderatori oleh Ir. Revi Marsusi (Penyuluh) dan dilakukan oleh Sigit Uji Marzuki, ST, M.Eng (Peneliti), sedangkan praktek pembuatan tepung talas dipandu oleh Dhaifillah Khoshy, A.Md.P (Teknisi Litkayasa).
 
Talas dapat tumbuh dengan baik di Kalimantan Barat dan banyak dibudidayakan di beberapa daerah seperti Kota Pontianak, Kota Singkawang, dan Kabupaten Mempawah. Kebanyakan pelaku usaha mengolah talas menjadi keripik ataupun bolu. Nah...kali ini BPTP Kalbar akan berbagi ilmu dan informasi seputar pengolahan talas menjadi tepung. Terdengar sederhana namun dalam proses pembuatannya perlu diperhatikan beberapa aspek, seperti ilmu dasar mengenai pascapanen talas, tips agar tepung tidak terasa gatal, langkah-langkah pengolahan tepung yang baik, dan penyimpanan tepung agar dapat bertahan lama serta terjaga kualitasnya.
 
Kepala BPTP Kalbar berharap, di tahun 2022 skala bimtek dapat diperluas tidak hanya pengolahan berupa bahan baku saja, tetapi sampai menjadi hasil akhir, contohnya makanan dan kue. BPTP Kalbar terus berusaha agar transfer ilmu pertanian dilakukan tidak hanya di hulu, tapi juga sampai ke hilir, salah satunya dengan pascapanen pembuatan tepung talas ini. Peserta yang sebagian besar adalah ibu-ibu pelaku UMKM sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan, selain menambah ilmu juga dapat berdiskusi dengan sesama pelaku usaha. Semoga ilmu yang diberikan dapat menambah percaya diri dalam menjalankan usahanya dan dapat menjadi bekal dalam mengolah talas menjadi tepung secara mandiri.