JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Bimbingan Teknis Teknologi Pasca Panen dan Pengolahan Lada

Seperti diketahui, lada merupakan komoditas perkebunan unggulan di Kalimantan Barat. Prospek komoditi lada juga dapat dilihat dari potensi dasar domestik yang begitu besar yakni semakin berkembangnya industri-industri yang menggunakan lada sebagai bahan baku. Namun, produksi lada setiap tahunnya mengalami peningkatan dan juga penurunan. Sebagai salah satu upaya menyikapi permasalahan tersebut, perlu dilakukannya penanganan pasca panen yang baik dan tepat untuk memperpanjang umur simpan dan juga sebagai nilai tambah.
 
Dalam rangka mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian, Kamis (25/11), BPTP Kalimantan Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema "Teknologi Pasca Panen dan Pengolahan Lada" yang berlokasi di Kurnia Waterpark, Nanga Pinoh, Kab. Melawi. Turut hadir Kepala Bidang Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan Kab. Melawi dan Camat Nanga Pinoh. Peserta Bimtek yang hadir sebanyak 125 orang yang merupakan petani lada yang berdomisili di Kab. Melawi.
 
Dalam laporannya, Kepala Balai yang diwakili oleh KSPP Agus Subekti, S.P., M.P., menyampaikan melalui kegiatan bimtek ini harapannya petani-petani lada di Kab. Melawi khususnya dapat memahami proses penanganan pasca panen lada yang dinilai memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga lada yang dihasilkan dapat terolah dengan baik dan memiliki umur simpan yang panjang, walaupun dimasa produksi lada sedang rendah, komoditi ini bisa tetap berjaya.
 
Acara dibuka secara virtual oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania, S.E. Dalam sambutannya, beliau berharap lada yang telah kita tanam dan kita rawat pasca panen nya berkualitas dan agar petani selalu teredukasi perkembangan lada yang harapannya dapat diekspor ke negara luar seperti Amerika dan Jepang sesuai dengan kriteria permintaan mereka.
 
Materi yang disampaikan yaitu mengenai Teknologi Pasca Panen Lada oleh Jhon David Haloho, S.P., M.P (Peneliti BPTP Kalbar) dan juga terkait Pengolahan Lada menjadi Lada Bubuk oleh Sigit Uji Marzuki, S.T., M.Eng (Peneliti BPTP Kalbar). Selanjutnya, peserta Bimtek diarahkan untuk mengikuti demo praktek pengolahan lada bubuk menggunakan mesin penepung lada.
 
Melalui pelaksanaan Bimtek hari ini, harapannya terjadi peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku petani dalam menetapkan teknologi pascapanen dan budidaya lada.
 
"Bertani itu Hebat, menjadi Petani itu Keren!"