JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Persiapan Pendistribusian Benih Jeruk Siam mendukung Kegiatan Pengembangan Benih Unggul dan Teknologi Balitbangtan di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas

Rabu (24/11/21) Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai bersama tim melakukan peninjauan benih jeruk di “Jaya Sempadung Citrus Nursery” di Desa Segedong, Kec. Tebas, Kab. Sambas . Benih jeruk yang dipersiapkan merupakan bagian dari pengembangan benih unggul tanaman hortikultura dan perkebunan yang terfokus pada penyediaan benih unggul jeruk siam. Pada kunjungan kali ini, kedatangan tim BPTP Kalbar didampingi langsung oleh Bapak Karwadi (ketua penangkar jeruk Jaya Sempadung).
 
Kunjungan dilakukan untuk melihat sudah sejauh mana persiapan yang dilakukan mengingat waktu pendistribusian sudah semakin dekat. Kepala Balai juga ingin memastikan bahwa benih jeruk siam yang nantinya akan didistribusikan layak dan memenuhi standar untuk diberikan kepada petani.
 
Sampai saat ini, persiapan yang dilakukan telah sampai pada pemasangan label benih. Hal itu berarti bahwa benih jeruk telah cukup umur dan telah memenuhi persyaratan untuk didstribusikan kepada petani. Pendistribusian benih kepada petani diagendakan akan dilakukan awal bulan Desember 2021.
 
Melalui peninjauan ini, Dr. Rustan Massinai menegaskan bahwa kualitas benih unggul jeruk siam yang nantinya akan dibagikan kepada petani harus berkualitas baik. Hal ini dilakukan dengan harapan dari benih jeruk siam yang berkualitas baik akan berdampak pada budidaya jeruk siam yang baik pula. Tidak hanya dari sisi inovasi teknologi berupa pendampingan budidaya jeruk siam pada petani, tetapi juga dengan penggunaan benih jeruk yang baik. Harapan jangka panjang dari rangkaian usaha yang dilakukan BPTP Kalbar dalam mengawal budidaya jeruk di Kabupaten Sambas adalah agar kejayaan jeruk siam kembali hadir di Kabupaten Sambas.