JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Koordinasi dan Persiapan Distribusi Benih Padi Inpari 36 dan Inpari 37 Kepada Petani Terdampak Banjir di Kalimantan Barat

Dalam rangka mendukung peningkatan provitas padi di Kalimantan Barat, BPTP Kalbar akan berkontribusi dengan melakukan distribusi benih padi Inpari 36 dan 37. Di tahun 2021, telah dilakukan uji adaptasi varietas Inpari 36 dan Inpari 37 dan hasil panen berkisar antara 6 s/d 8 ton/ha. Sebanyak 40 ton benih Inpari 36 dan Inpari 37 yang dihasilkan oleh BPTP Kalimantan Barat akan didistribusikan secara merata ke seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Ibarat gayung bersambut, kegiatan ini dilakukan atas kerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat yang sangat responsif terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh BPTP Kalbar yang sudah tentu memiliki tujuan yang sama, yaitu kemajuan pertanian di Kalbar.
 
Untuk itu, BPTP Kalbar berkolaborasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar melakukan koordinasi dengan Gubenur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum terkait penyerahan benih tersebut. Sebagai pembuka, sasaran pendistribusian akan difokuskan pada 7 daerah terdampak banjir, antara lain Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang, dan Mempawah sebnyak 22 ton. Gubernur Kalbar menyambut baik hal tersebut dan diagendakan penyerahan secara simbolis akan dilakukan oleh beliau pada hari Kamis (18/11) di Kantor Gubernur Kalimantan Barat.
 
Diharapkan setelah banjir mereda, benih padi yang didistribusikan dapat diadaptasikan oleh petani setempat pada musim tanam berikutnya.