JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Observasi Lapang Tahap ke-2 Tim ICARE di Kalimantan Barat (Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas)

Hari ini, Jum'at (12/11/21) tim ICARE Balitbangtan (Ir. Agus Muharam, M.Sc., Suhartini, M.Sc., dan Dr. Abdul Aziz) dan Tim ICARE BPTP Kalbar kembali melakukan observasi lapang ke Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas. Pada pertemuan ini, tim ICARE didamping oleh Ibu Anita dan Bapak Jaka (PPL KecamatanTebas). Hadir dalam pertemuan ini, Slamet Riadi, SH (Camat Tebas), Bapak Jusni (Kepala Desa Tebas Sungai), dan wakil dari 7 poktan yang ada di Desa Tebas Sungai. Petani dari poktan tersebut sudah tentu adalah petani padi dan jeruk yang ada di Desa Tebas Sungai.
 
Tim ICARE melakukan diskusi santai bersama Camat, Kades, PPL, dan Poktan untuk menggali informasi terkait kendala di lapangan dalam berusahatani padi dan jeruk. Dari 5.001 ha di Kecamatan Tebas, sebanyak 1.001 ha adalah hamparan padi dan jeruk yang terdapat di Desa Tebas Komplek. Camat Tebas menyampaikan kendala teknis di lapangan, mulai dari pembibitan, pupuk, harga jual yang anjlok saat panen raya, hingga kualitas beras yang belum maksimal sehingga harga jual rendah. Beliau berharap banyak dengan adanya program ICARE ini dapat membantu petani mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada.
 
Kades Tebas Sungai mengungkapkan, belum adanya sistem irigasi padi yang baik menjadi salah satu kendala terbesar di Desa Tebas Komplek. Menurut PPL Kec. Tebas, pupuk subsidi masih susah didapat dan dibutuhkan pendampingan terhadap pengendalian serangan HPT padi ( OPT dominan adalah tikus, wereng batang coklat dan penggerek batang. Penyakit dominan adalah blas dan hawar daun bakteri).
 
Observasi kembali dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa lokasi antara lain Long Storage yang berada di hamparan kebun jeruk di Desa Tebas Sungai, PT. Laris Manis Utama (LMU) yang berada di Kecamatan Tebas, dan kebun jeruk milik Bapak Suhaili, salah satu petani di Desa Serumpun Buluh yang telah menerapkan sistem Bujangseta pada tanaman jeruknya.