JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Penanaman Jeruk, Buah Naga, dan Kelapa Dalam di IP2TP Selakau

IP2TP Selakau merupakan salah satu dari 3 (tiga) IP2TP yang dimiliki BPTP Kalimantan Barat yang berlokasi di Desa Sungai Daun, Kec. Selakau, Kab. Sambas. IP2TP Selakau memiliki luas lahan 49,3 ha yang berpotensi untuk dilakukan pengembangan berbagai komoditas tanaman seperti Jeruk, Buah Naga dan Kelapa Dalam. Dengan agroekosistem lahan pasang surut tipe luapan A, maka inovasi teknologi yang dapat diterapkan adalah dengan mengembangkan budidaya tanaman sistem surjan.
 
Dalam rangka Optimalisasi Pemanfaatan Lahan IP2TP Selakau sebagai wahana Show-Window Inovasi Teknologi Budidaya Tanaman Sistem Surjan, Kamis (11/11), Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai bersama Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Haris Syahbudin, DEA., dan Tim serta Tim ICARE Balitbangtan (Ir. Agus Muharam, M.Sc., Suhartini, M.Sc., dan Dr. Abdul Aziz) berkunjung ke IP2TP Selakau. Kepala IP2TP Selakau, Dadan Permana, S.P., M.Si., dan Tim menyambut hangat kedatangan beliau. Pada kegiatan ini juga turut hadir Bapak Ramli (Petani Jeruk Poktan Buluh Serumpun, Kab. Sambas) dan Tim BPTP Kalimantan Barat yang terdiri dari Peneliti, Penyuluh dan Staff Tata Usaha.
 
Dalam laporannya, Kepala Balai menyampaikan bahwa ini merupakan upaya BPTP Kalimantan Barat dalam mengoptimalisasi kegiatan pengkajian dan diseminasi di IP2TP salah satunya di Selakau. IP2TP Selakau melalui dukungan dari berbagai program, saat ini telah mengalami banyak perubahan menjadi lebih baik, berbagai sarana dan infrastruktur dibangun mendukung kegiatan dimaksud.
 
"Alhamdulillah kami telah membuka lahan IP2TP Selakau seluas 16,5 ha dari total 49 ha yang dikembangkan untuk berbagai tanaman unggul di Kalimantan Barat seperti Kelapa, Jeruk dan Buah Naga. Utamanya budidaya Jeruk dengan penerapan inovasi teknologi Bujangseta diharapkan dapat mengembalikan kejayaan jeruk di Kalimantan Barat," tutur beliau bersemangat.
Selain itu, Ir. Agus Muharam, M.Sc dari Tim ICARE Balitbangtan menjelaskan melalui program ICARE harapannya dapat meningkatkan fasilitas, infrastruktur, dan kelembagaan terkait. Kedepannya, IP2TP Selakau dapat menjadi bentuk percontohan kegiatan kolaboratif salah satunya pengembangan Jeruk, Kelapa dan Buah Naga.
 
Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Haris Syahbudin, DEA., berharap kegiatan seperti ini sifatnya harus berkelanjutan secara paralel mengacu pada rantai pasok yang telah disusun, dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) contohnya melalui kegiatan perbenihan. Kita jadikan IP2TP sebagai percontohan kawasan Center of Excellence, bukan hanya terkait riset/pengembangan tapi dengan pendekatan-pendekatan melalui perekayasaan, penyuluhan, dan lain sebagainya. Keyakinan-keyakinan tersebut harus kita dorong agar terwujudnya keberlanjutan kegiatan ICARE ini, tentunya diikuti peningkatan SDM yang tersedia. Perlu adanya kolaborasi dan integrasi setiap instansi terkait.
 
Melalui optimalisasi lahan yang dilakukan, harapannya IP2TP Selakau dapat menjadi pusat perbenihan tanaman unggul di Kalimantan Barat maupun kegiatan diseminasi pertanian lainnya.
 
Semangat untuk terus berinovasi!
"AgroInovasi Tiada Henti"