JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Benih Padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan, Kementan

Kegiatan panen padi menjadi sorotan penting karena berdasarkan data provinsi, provitas Kalimantan Barat hanya menghasilkan 3,03 ton/ha (urutan terbawah kedua berdasarkan data BPS). BPTP Kalimantan Barat melakukan beberapa kegiatan pengkajian, demplot, dan demfarm pada sentra-sentra produksi tanaman padi, sehingga VUB padi yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan tersebut dapat cepat dikenal dan diadopsi oleh petani.

 
Sebagai bentuk komitmen, BPTP Kalimantan Barat dalam mendukung peningkatan rata-rata provitas padi di Kalimantan Barat secara nasional, BPTP Kalimantan Barat akan mendiseminasikan benih padi (ton) kepada para petani untuk dikembangkan di masing-masing lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat. Benih yang akan didiseminasikan yakni padi varietas unggul baru (VUB) Balitbangtan-Kementan diantaranya Inpari 32, 36, 37, dan Inpari IR Nutri Zinc.
 
Harapan terbesar adalah pengenalan VUB Balitbangtan dapat merata di Kalimantan Barat dan memberi sumbangsih secara nyata terhadap peningkatan rata-rata provitas padi di Kalimantan Barat.