JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Temu Teknis Hilirisasi Teknologi Dan Inovasi Pertanian Di Kalimantan Barat

Selasa (19/10), Telah dilaksanakan kegiatan Temu Teknis Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Pertanian di Kalimantan Barat, bertempat di Aula Kantor Camat Kec. Kapuas Kab. Sanggau. Turut hadir dalam pertemuan ini, Kepala BPTP Kalbar yg diwakili oleh Agus Subekti, SP, MP. selaku Kasi KSPP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kab. Sanggau Kubin, SP, M.Si., Sekretaris DKPTPHP Kab. Sanggau M. Farkhan Babara, SP, M.Si., Kabid. Penyuluhan DKPTPHP Kab. Sanggau Ir. Edi Hartono, MM., Camat Kec. Kapuas Kab. Sanggau Jemain, S.IP. dan penyuluh se Kab. Sanggau berjumlah 100 orang.
 
Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Camat Kec. Kapuas Kab. Sanggau. Beliau menyampaikan selamat datang dan rasa terima kasih kepada BPTP Kalbar atas diselenggarakannya kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan tentang stunting yang terjadi di beberapa daerah di Kab. Sanggau. Diharapkan para penyuluh yg mengikuti kegiatan ini dapat melakukan pendampingan lebih intens lagi di lapangan, guna mengurangi masalah stunting ini.
 
Sambutan berikutnya dari Kepala BPTP Kalbar, diwakili oleh Agus Subekti, S.P., MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ketahanan pangan saat ini wajib kita tingkatkan, apalagi terkait pandemi Covid 19, telah terbukti bahwa sektor pertanian lah yang masih bertahan, bahkan sektor pertanian merupakan penyangga keterpurukan akibat pandemi Covid-19 ini. Adanya Temu teknis ini diharapkan para penyuluh yang merupakan ujung tombak pencapaian ketahanan pangan daerah khususnya di Kab. Sanggau, dapat mengikuti kegiatan temu teknis dengan semangat. Adapun materi yang disampaikan dalam pertemuan ini merupakan hal penting dalam mencapai ketahanan pangan. Kemudian, disampaikan pula betapa pentingnya pendataan di tingkat desa, dalam hal ini seluruh data-data terkait pertanian seperti luas lahan, provitas, benih unggul yang digunakan, alsintan, IP dan lain-lain sangat diperlukan. Sehingga, berdasarkan data tersebut BPTP Kalbar dapat menentukan rekomendasi apa yang diperlukan oleh daerah terkait.
 
Acara dibuka oleh Kepala DKPTPHP Kab. Sanggau, Kubin, SP, M.Si. Dalam arahannya, beliau menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Tim BPTP Kalbar, karna acara seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kab. Sanggau. Diharapkan kedepannya acara temu teknis dilaksanakan secara intens sehingga para penyuluh, khusus nya di Kab. Sanggau semakin semangat dalam melaksanakan tugasnya.
 
Penyampaian materi oleh dua narasumber dari BPTP Kalbar. Materi pertama berjudul Strategi Pemenuhan Kebutuhan Benih Padi di Kalimantan Barat disampaikan oleh Agus Subekti, SP, MP dan materi kedua berjudul Teknologi Budidaya Padi Hasil-Hasil Litkaji VUB BPTP Kalbar Tahun 2021, disampaikan oleh Sution, SP, MP.
 
Sebelum mendengarkan paparan narasumber, peserta diwajibkan mengisi pre test. Setelah paparan pemateri, dilakukan diskusi yang dipandu oleh Sekertaris DKPTPHP Kab. Sanggau (Farkhan Babara, SP, M.Si), dan dilanjutkan dengan pengisian post test.
Kegiatan Temu Teknis diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis yang di wakili oleh dua peserta.