JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Peninjauan Lokasi Kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan IP2TP Selakau Sebagai Wahana Show-Window Inovasi Teknologi Budidaya Tanaman Sistem Surjan

Seperti diketahui, IP2TP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan BPTP Kalimantan Barat. IP2TP memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai show-window teknologi atau visitor plot (petak kunjungan), sebagai tempat dilakukannya perbanyakan benih, sebagai tempat dilakukannya kerjasama inovasi teknologi, dan tugas administrasi IP2TP sebagai bagian dari BPTP Kalimantan Barat.
 
IP2TP Selakau merupakan salah satu dari tiga IP2TP yang dimiliki BPTP Kalimantan Barat yang terletak sekitar 170 km sebelah utara kota Pontianak. IP2TP yang terletak di jalur utama kota Singkawang ke Sambas ini mempunyai luas lahan utama sekitar 49,02 ha dan sudah bersertifikat.
 
Di Tahun 2021 ini, BPTP Kalimantan Barat bersama Badan Litbang Pertanian menjalin kegiatan kemitraan untuk mengoptimalisasi pemanfaatan lahan di IP2TP Selakau. Tujuannya untuk membangun, mengembangkan, dan memfungsikan IP2TP Selakau menjadi suatu IP2TP yang dikelola berdasarkan inovasi pertanian berbasis sumberdaya lokal, sehingga menjadi tempat show-window inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian dalam mendukung kemajuan pertanian terutama di Kalimantan Barat.
 
Minggu (10/10), Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai dan Tim melaksanakan kunjungan ke IP2TP Selakau. Kedatangan beliau disambut hangat oleh Kepala IP2TP Selakau, Dadan Permana, S.P., M.Si. dan Tim. Dalam kunjungannya dilakukan survey lokasi lahan di IP2TP Selakau yang akan dikembangkan mendukung pelaksaan kegiatan tersebut.
 
Dalam pelaksanaannya, direncanakan akan dibuat show-window sebagai wahana diseminasi untuk budidaya tanaman jeruk, kelapa, dan buah naga. Show window budidaya tanaman jeruk seluas 3 ha, tanaman kelapa seluas 3 ha, dan tanaman buah naga seluas 0,5 ha. Rencananya budidaya tanaman tersebut akan dilakukan dilahan dengan sistem surjan karena lokasi IP2TP Selakau berada di dataran rendah dengan ketinggian tempat ≤ 50 mdpl.
 
Semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar ya SobaTani...