JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kepala Badan Litbang Pertanian Hadiri Temu Lapang dan Panen Padi VUB Balitbangtan di Kab. Landak

Mengawali bulan Oktober, dihamparan padi yang menguning menjadi semangat petani di Kab. Landak menyambut tibanya waktu panen hari ini.
 
Dihari yang penuh berkah, Jum'at (8/10), Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat dan membersamai panen VUB padi Inpari 32 di Kab. Landak dengan teman-teman petani dari Poktan Nek Sama, Desa Aur Sampuk, Kec. Sengah Temila, Kab. Landak. Turut hadir Anggota Komisi IV DPR RI Dapil 1 Kalbar, Wakil Bupati Landak, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortkultura Prov. Kalbar, Kepala DPRD Kab. Landak, Dandim 1201 Mempawah, Kapolda Landak, Kepala Puslitbangbun-Bogor, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab. Landak, Camat Sengah Temila, Tokoh Masyarakat serta OPD Lingkup Provinsi dan Kab. Landak lainnya.
 
Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan pendampingan BPTP Kalimantan Barat dalam wujud demfarm seluas 8 ha dilahan irigasi, dengan VUB padi yang ditanam adalah Baroma, Inpari IR Nutri Zinc, Inpari 32, Inpari 36 dan Inpari 37.
 
Dalam laporannya, Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai menyampaikan berdasarkan hasil ubinan yang dilakukan dihasilkan rata-rata produksi panen Inpari 32 yaitu 7,87 ton/ha. Beliau juga menyampakkan bahwa dilokasi ini merupakan lokasi yang belum pernah disentuh, dulu rata-rata hasil panen hanya 2,9 ton/ha, hari ini menjadi sebuah catatan prestasi untuk Pak Ismin dan kawan-kawan dari Poktan Nek Sama. BPTP Kalbar terus melakukan terobosan melalui penggunaan VUB padi Inpari 36 & 37 yang dapat mendukung dalam peningkatan produktivitas padi di Kalimantan Barat. Kedepannya, kita akan terus mendampingi petani menerapkan penggunaan VUB padi provitas tinggi dan penerapan alsintan di Kalimantan Barat, dengan harapan dapat melaksanakan panen 3 kali dalam setahun (peningkatan IP).
 
Kepala Dinas TPH Prov. Kalbar juga menyampaikan agar kita selalu menerapkan strategi pertanian melalui intensifikasi yang efektif, efisien dan produktif melalui rekayasa benih unggul, karena benih merupakan hal yang vital di pertanian.
 
Dalam sambutannya, Anggota Komisi IV DPR RI, Maria Lestari, S.Pd., berharap peningkatan produktivitas dari sektor pertanian khususnya di Kalimantan Barat dari hulu ke hilir, oleh karenanya setiap pihak dan instansi terkait harus berkolaborasi dan bekerjasama.
 
Wakil Bupati Landak, Herculanus Heriadi, S.E., menyampaikan bahwa tuntutan petani dalam bertani melebihi kebutuhan pokok, apabila kita dapat panen 3 kali dalam setahun artinya dapat menambah penghasilan kita. Lebih dari 75% mata pencaharian masyarakat di Kab. Landak adalah sebagai petani, dan Kec. Sengah Temila ini termasuk lumbung pertanian di Kab. Landak tetapi belum maksimal dalam pengairan irigasinya. "Mari kembangkan pertanian dini di Landak, supaya masyarakat kita maju dan sejahtera," tutur Bapak Wakil Bupati bersemangat.
 
Dalam arahannya, Kepala Badan Litbang berharap melalui kegiatan demfarm dan diseminasi penggunaan VUB padi keluaran Balitbangtan ini kita sama-sama dapat meningkatkan provitas padi negara kita. Badan Litbang Pertanian saat ini tengah berdiskusi mengeluarkan aplikasi online yang nantinya dapat digunakan secara publik disektor pertanian untuk memonitoring kondisi pertanaman dan prediksi hasil pertanian kita disetiap daerah. Melalui kegiatan hari ini juga, Kab. Landak diharapkan dapat mengembangkan padi-padi khusus untuk diekspor. Selain padi, beberapa komoditas lain seperti lada dan kopi masih terus dikembangkan yang nantinya siap dilepas sebagai komoditas khas dari daerah di Indonesia.
 
Diakhir kegiatan, dilakukan penyerahan benih VUB Padi Inpari 36 dan 37 sejumlah 100kg kepada Poktan Nek Sama, Gapoktan Nek Nimbun, Poktan Makmur dan Poktan Nage. Selain itu, dilakukan juga diskusi bersama dengan Petani terkait kendala yang dihadapi di lapangan.
Semoga apa yang telah dilakukan hari ini dapat memberi manfaat dan menjadi berkah untuk kita semua khususnya untuk kesejahteraan petani di Kab. Landak, aamiin...
 
"Bertani itu Hebat, menjadi Petani itu Keren, Pertanian Merpati tak pernah ingkar janji"