JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Panen VUB Jagung di Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat

Dalam rangka mendukung hilirisasi inovasi Badan Litbang Pertanian. Kamis (7/10), BPTP Kalimantan Barat melaksanakan panen VUB jagung di lahan gambut Desa Bintang Mas, Kec. Rasau Jaya, Kab. Kubu Raya. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota kelompok tani dan petani kooperator serta peneliti dan penyuluh BPTP Kalimantan Barat.
 
VUB jagung yang dipanen adalah varietas sukmaraga yang ditanam di lahan gambut di lokasi superimposed dengan beberapa perlakuan yang diterapkan yaitu dengan pemberian biochar 5 t/ha, pupuk kandang 5 t/ha, dan biourine 300mL/L. Hasil di lokasi superimposed ini masih terus diproses panen per petak percobaan hingga hari ini. Sedangkan hasil ubinan pipilan panen/basah di 3 lokasi petani yang luasnya 2 ha dapat menghasilkan pipilan jagung rata-rata 8,1 t/ha.
 
Melalui penggunaan VUB jagung, harapannya dapat meningkatkan produktivitas jagung di Kalimantan Barat yang tergolong relatif rendah rata rata 4,9 t/ha. Semoga kegiatan panen ini dapat terus mendorong semangat petani jagung khususnya di Kab. Kubu Raya.
 
"Mari kita terus tingkatkan Produksi Jagung di Kalimantan Barat"