JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Hilirisasi Pasca Panen Lada di Kalimantan Barat

Sabtu (25/9/21) tim pascapanen BPTP Kalbar melaksanakan hilirisasi pascapanen lada di Dusun Panjak, Desa Sahan, Kec. Seluas, Kab. Bengkayang. Berbagai macam usahatani tumbuh subur di desa Sahan, antara lain tanaman sayuran seperti terong, jagung, vanili, dan lada. Nah kali ini, tim pascapanen BPTP Kalbar melakukan hilirisasi pascapanen lada yang difokuskan pada pembuatan lada bubuk.
 
Transfer ilmu pembuatan lada bubuk ini dilakukan di Poktan Hidup Petani yang tergabung dalam Gapoktan Wahana Tani. Pada umumnya, petani sudah paham atau bahkan lebih paham dalam hal membuat lada bubuk, namun dalam prosesnya masih menggunakan ilmu secara otodidak, dan disinilah peran BPTP Kalbar menyentuh dengan inovasi teknologi.
 
"Dalam menentukan kering atau tidaknya biji lada yang dijemur hanya digigit saja pak, kalau digigit sudah pecah dan renyah berarti sudah bisa disimpan ataupun digiling" ujar bapak Suwarno dan kawan kawan. Untuk membuat bubuk lada, kadar air yang baik berkisar 7 sd 8 %, jika kadar air terlalu tinggi, lada bubuk akan lembab dan berjamur sehingga mengurangi kualitas dan umur simpan. Pengenalan alat ukur kadar air biji-bijian juga dilakukan agar petani mudah melakukan pengukuran. Selain itu, dalam pertemuan kali ini tim mengenalkan petani terhadap penggunaan marketplace sebagai wadah pemasaran bubuk lada.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi kebun lada milik pak Sudarwasis (Poktan Sinar Tani) seluas ¼ hektar. Menurut informasi beliau, hasil panen 1 pohon bisa mencapai 2 kg apabila pohon berbuah lebat. 1 kg buah lada segar akan menghasilkan 2,5 ons lada putih giling atau 4 ons lada hitam giling.
 
Fasilitas pendukung usahatani lada juga terdapat di dusun Panjak yaitu Bangunan Pengering Solar Dryer Dome, bahkan pembibitan lada telah dilakukan oleh Ketua gapoktan Wahana Tani, Harwo Wibowo. Tentunya hal ini memudahkan petani dalam hal pengadaan benih.
 
Sukses selalu untuk petani lada di Dusun Panjak. Selalu terbuka menerima inovasi dan kemajuan teknologi yaa dalam berusahatani. Bertani itu hebat, menjadi petani itu keren...