Padi VUB Inpari IR Nutri Zinc, Padi Kaya Nutrisi Penangkal Stunting

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 67

Masih dalam momentum peringatan Hari Tani Nasional tanggal 24 September 2021, mimin mau berbagi informasi mengenai salah satu padi VUB Badan Litbang Pertanian.

 
Sobat Tani pasti sudah tidak asing dengan Inpari IR Nutri Zinc. VUB ini merupakan hasil terobosan pemuliaan tanaman padi untuk menyediakan pangan dengan kandungan gizi tertentu, yaitu Zinc. Fungsi Zinc terbilang sangat vital bagi kelangsungan hidup sel-sel tubuh manusia. Kekurangan Zinc (Zn) dalam tubuh selain berakibat menurunnya daya tahan tubuh, produktivitas, dan kualitas hidup manusia, juga menjadi salah satu faktor kekerdilan atau stunting.
 
Dalam upaya membantu mengatasi stunting (kerdil), BPTP Kalimantan Barat turut menggencarkan diseminasi benih Padi Inpari IR Nutri Zinc. Salah satunya melalui pendampingan kegiatan demfarm padi VUB seluas 10 ha di Desa Parit Madiun, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya bersama Petani Kooperator dari Poktan Karya Bersama. Inpari IR Nutri Zinc ini termasuk salah satu dari padi VUB Produksi Tinggi yang ditanam. Kondisi pertanaman Inpari IR Nutri Zinc terlihat baik dan tentunya pengendalian hama dan OPT akan rutin dilakukan.
 
Selain kaya akan nutrisi, varietas ini juga memiliki produktivitas tinggi, tahan WBC, Blas, dan Tungro, serta memiliki rasa nasi yang enak. Gaya hidup sehat yang terus berkembang mendorong kian tingginya kebutuhan masyarakat akan pangan sehat terlebih ditengah kondisi pandemik seperti ini. Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi, membuat fungsi nasi bukan hanya sebagai sumber karbohidrat namun sekaligus fungsi kesehatan.
 
Bagaimana Sobat Tani, banyak sekali kan manfaatnya? Yuk kita mulai mengkonsumsi!
 
"Selamat Hari Tani Nasional!"
Bertani itu Hebat, menjadi Petani itu Keren:)
 
#VUBPadi
#InpariIRNutriZinc
#CegahStunting