Progres Kegiatan Hilirisasi VUB Jagung di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 55

Mendukung kegiatan hilirisasi inovasi Balitbangtan terkait penanaman VUB Jagung Sukmaraga di Kabupaten Kubu Raya, Rabu (22/9), Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si selaku penanggungjawab kegiatan bersama tim melakukan monitoring rutin terhadap pertumbuhan tanaman jagung di Desa Bintang Mas, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Pada kunjungan kali ini, dilakukan pengamatan pertumbuhan tanaman dan pengendalian OPT tanaman jagung yang teridentifikasi terserang OPT ulat penggerek tongkol.  

 
Pengamatan yang dilakukan pada tanaman yaitu mengamati jumlah tongkol pada masing-masing pohon, sedangkan pengamatan OPT yang dilakukan yaitu mengamati serangan hama ulat pada tanaman jagung. Hingga saat ini, serangan ulat sudah jauh berkurang daripada sebelumnya.
 
Panen diperkirakan dapat dilaksanakan pada awal bulan Oktober mendatang. Hasil panen diperikirakan 3 ton yang akan di proses menjadi benih yang nantinya benih tersebut akan di bagikan kepada anggota kelompok tani di Desa Bintang Mas khususnya dan juga petani jagung Kabupaten Kubu Raya. Tujuannya agar petani jagung tidak menggunakan benih lokal lagi yang produktivitasnya relatif rendah. Diharapkan petani di Desa Bintang dapat menanam benih unggul Sukmaraga yang produktivitas tinggi bisa mencapai 7 ton/ha.
 
Semoga hasilnya sesuai dengan harapan ya Sobat Tani, aamiin...
 
#VUBJagung
#PertanianMajuPetaniSejahtera