JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kunjungan ke Kebun Buah Naga di Desa Sarang Burung Danau, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas

Selasa sore (14/9) Kepala Balai, Dr Rustan Massinai bersama tim mengunjungi perkebunan buah naga di ujung Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, yaitu Desa Sarang Burung Danau. Kunjungan ini dilakukan untuk melihat secara langsung kemajuan budidaya buah naga yang dilakukan oleh petani-petani milenial yang tergabung dalam Petani Muda Berkemajuan (PMB) Kabupaten Sambas.

 
Dalam kunjungan kali ini, Kepala Balai beserta dan tim didampingi oleh Kepala BPP Kec. Jawai Dharma Irawan, Ketua PMB Ardiansyah beserta anggota, Ketua KTNA Kab. Sambas Bapak Suhardik, dan Kepala Desa Sarang Burung Danau.
 
Tim BPTP Kalbar mengunjungi salah satu kebun petani milenial yang juga tergabung dalam PMB maupun JPN, yaitu Wiki Perdana dengan hamparan seluas 2 hektar. Terletak di pesisir pantai, buah naga tumbuh dengan sangat baik dengan kualitas buahnya yang juga baik. Hampir setiap hari dilakukan pemanenan buah naga. Pemasaran buah naga dari Desa Sarang Burung Danau sendiri bervariasi, yaitu Pontianak, Kalimantan Tengah, Semarang, dan Jakarta. Untuk pemasaran ke Malaysia sendiri terhenti di masa pandemi Covid-19. Di tahun 2012, Kecamatan Jawai memiliki kurang lebih 352 hektar kebun buah naga namun pada tahun 2014 merosot tajam karena terserang jamur. Pada tahun 2016, budidaya buah naga bangkit kembali hingga saat ini. 
 
Kepala BPP Kec. Jawai Dharma Irawan menjelaskan, peluang budidaya buah naga di Desa Sarang Burung Danau sangat menjanjikan. Harga buah naga perkilogram bisa menjapai Rp. 7.000; hingga belasan ribu rupiah. Peluang pasar yang menjanjikan dalam berusahatani, terutama buah naga dengan cepat ditangkap oleh petani-petani milenial di Kabupaten Sambas untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan. Usia muda tidak menghalangi dan membuat gengsi anak-anak muda. Bangga sekali melihat anak-anak muda giat menjadi petani bahkan menjadikannya sebagai mata pencaharian. 
 
Bagaimana sobat tani, bertani itu keren bukan?
 
#bertaniitukeren
#pertanianmajumandirimodern
#pertanianmajupetanisejahtera