JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Bimbingan Teknis (Bimtek) Teknologi Perbenihan dan Penyemaian Sistem Dapog Dalam Rangka Mendukung Pengelolaan Demfarm Padi di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas (Hari ke-1)

Selasa (14/9) Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai beserta tim melaksanakan Bimtek dalam rangka mendiseminasikan inovasi teknologi yang telah dilahirkan oleh Balitbangtan. Kegiatan dilakukan di BPP Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas. "Maksimalkan penggunaan teknologi pertanian agar terciptanya efisiensi waktu biaya, dan tenaga" ucap Dr. Rustan Massinai saat memberikan sambutan. Peserta berjumlah 150 orang dari 4 kelompok tani di kecamatan Tebas dan penyuluh pertanian setempat. Bimtek akan diadakan selama dua hari di tempat yang sama namun dengan peserta yang berbeda.

 
Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, SE berkenan memberikan sambutannya melalui zoom. "Penggunaan inovasi teknologi dalam pertanian dapat mempermudah dan meringankan petani, BPTP Kalbar mohon dibantu mengawal pertanian di Kabupaten Sambas. Hidup petani, hidup penyuluh, maju terus BPTP Kalbar" ujar beliau. 
 
Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Kab. Sambas Ferdinan Solihin, Anggota DPRD Kab. Sambas Bagus Setiadi, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Sambas Ir. H. Mohammad Yayan Kurniawan, MM, Peneliti Puslitbangtan Dr. Yudhistira Nugraha, SP, MP, Kapolsek Tebas/mewakili, Camat Tebas Bapak Slamet, Kades Mensere, Kadus Mensere dan anggota, dan Ketua Apdesi Kab. Sambas.
 
Materi yang disampaikan antara lain Teknologi Produksi Benih Padi (Dr. Yudhistira Nugraha, SP, MP/Peneliti Puslitbangtan), Teknologi Persemaian Sistem Dapog (Didik Saifuddin Anshori, STP/Penyuluh Pertanian BPTP Kalbar) dan Teknologi Mekanisasi pada Budidaya Padi dengan Pendekatan 4.0 (Hozin Aziz, STP/Peneliti BPTP Kalbar). Setelah mendapatkan materi, peserta kemudian melakukan praktek penyiapan semaian dengan sistem dapog menggunakan rice transplanter. 
 
Di akhir bimtek juga dilakukan penyerahan benih Inpari 36 dan Inpari 37 kepada petani setempat yang merupakan hasil dari demfarm padi VUB Balitbangtan di Desa Lonam Ke. Pemangkat, Kab. Sambas. Materi materi yang diberikan diharapkan dapat menambah keterampilan dan semakin mendekatkan petani terhadap kemajuan teknologi pertanian.
 
#bertaniituhebat
#pertanianmajumandirimodern