JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Sosialisasi Kegiatan 2012 di Ketapang

Ketapang menjadi daerah berikutnya dalam rangkaian sosialisasi kegiatan BPTP Kalimantan Barat Tahun 2012. Sosialisasi yang dilaksanakan bersamaan dengan acara pertemuan rutin Mantri Tani se-Kabupaten Ketapang ini dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang pada hari Senin, 5 Maret 2012. Selain Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang beserta seluruh Kepala Bidangnya, acara ini juga dihadiri dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat.

Kabupaten Ketapang adalah daerah yang memiliki lahan pertanian sangat luas. Namun, jumlah tenaga kerja di sektor pertanian masih sangat terbatas sehingga masih banyak lahan pertanian yang belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang dalam sambutannya di awal acara sosialisasi untuk menggambarkan betapa besarnya potensi pengembangan pertanian di daerah paling selatan dari wilayah Kalimantan Barat ini. Beliau juga memberikan apresiasi atas adanya kegiatan BPTP Kalimantan Barat di Ketapang yang diharapkan dapat mendorong percepatan pengembangan pertanian di daerah tersebut. Di akhir sambutannya, beliau mengharapkan di masa mendatang lebih banyak lagi kegiatan BPTP Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Ketapang.

Dalam acara sosialisasi ini, pemaparan tentang kegiatan BPTP Kalimantan Barat disampaikan langsung oleh Kepala BPTP yaitu Ir. Jiyanto, MM. Dalam penjelasannya, beliau menyampaikan secara lengkap tentang kegiatan-kegiatan Pendampingan Program Strategis Kementerian Pertanian yang dilakukan BPTP Kalimantan Barat serta keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai. Kegiatan-kegiatan pendampingan tersebut diantaranya meliputi SL-PTT, MP3MI, P3TIP/FEATI, UPBS, M-KRPL.

Salah satu program strategis tersebut yaitu Model Kawasan Rumah Pangan Lestari atau yang biasa disingkat M-KRPL tahun 2012 ini akan dilaksanakan di Kabupaten Ketapang. Kegiatan yang baru dimulai sejak tahun 2011 ini bertujuan untuk memenuhi pangan dan gizi keluarga dan masyarakat secara lestari melalui pemanfaatan pekarangan. Pekarangan rumah yang selama ini banyak tidak dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, sebenarnya dapat digunakan untuk menanam sayuran, TOGA, tanaman sumber karbohidrat pengganti beras, tanaman hias, memelihara ternak maupun ikan. Hasil dari pemanfaatan pekarangan tersebut dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga sehingga mengurangi pengeluaran rumah tangga, bahkan dapat juga dijual sehingga menambah pendapatan keluarga.

Selain kegiatan M-KRPL, kegiatan lain yang akan dilaksanakan BPTP Kalimantan Barat di Kabupaten Ketapang pada tahun 2012 adalah Pengkajian Percepatan Adopsi Teknologi Badan Litbang Pertanian Melalui Media Cetak dan Demplot PTT pada Kabupaten Non-Pendampingan SL-PTT Padi. Kegiatan ini bertujuan mempercepat adopsi teknologi hasil penelitian Badan Litbang Pertanian terutama varietas unggul baru oleh pengguna di wilayah kabupaten non pendampingan SL-PTT. Upaya percepatan adopsi tersebut akan dilakukan melalui penyebaran media cetak, pertemuan/pelatihan, demplot VUB Padi seluas 3 ha, serta penyebaran benih VUB hasil demplot .

Dari kegiatan M-KRPL dan Pengkajian Percepatan Adopsi tersebut BPTP Kalimantan Barat berharap pembangunan pertanian di Kabupaten Ketapang semakin berkembang. Semoga sinergisme dan kerjasama antar pihak dapat mensukseskan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan tersebut.