Bupati Landak Hadiri Acara Panen Raya Demfarm Padi Pendampingan SL-PTT

Kategori Induk: Berita Dilihat: 3363

Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) di Kabupaten Landak sebanyak 491 unit SL-PTT. Bentuk pendampingan dan bimbingan teknologi yang dilakukan meliputi : 1). Uji adaptasi VUB (0,25 ha) di luar LL, 2). Demfarm PTT atau demplot PTT, 3). Penentuan pupuk berimbang dengan PUTS/PUTK, 4). Sebagai nara sumber dalam pertemuan SL-PTT dan 5). Melakukan pelatihan tentang teknologi mendukung SL-PTT. Pendampingan dan pengawalan teknologi ditujukan agar inovasi teknologi yang sudah ada dapat diterapkan secara baik oleh petani dalam rangka mendukung pelaksanaan program SL-PTT padi di lapangan.

 

 

Kegiatan demfarm padi di Dusun Bintang, Desa Pahauman kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak merupakan salah satu bentuk pendampingan SL-PTT padi yang dilakukan pada tahun 2011 dengan tujuan menerapkan teknologi PTT Padi sehingga tercapai peningkatan produksi dan menghasilkan benih padi kelas ES serta mengembangkan kapasitas penangkar benih. Pelaksanaan demfarm dilakukan di Kelompok Tani Bintang Jaya dengan luasan 3 ha yaitu pengembangan varietas Inpari 4 (kelas benih SS) seluas 1 ha dan Inpari 6 (kelas benih SS) seluas 2 ha. Paket teknologi yang dintroduksikan meliputi benih berlabel, penggunaan umur pindah benih 15 – 20 hari setelah semai, tanam jajar legowo 4 :1, pemupukan berdasarkan PUTS dengan rekomendasi ; Urea 133 kg/ha, NPK = 200 kg/ha dan penambahan pupuk organik cair serta pengendalian OPT dilakukan secara terpadu dengan menerapkan konsep PHT.

Dalam rangka percepatan transfer dan adopsi teknologi SL-PTT padi maka BPTP Kalbar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Landak menyelenggarakan temu lapang panen perdana demfarm padi yang dilaksanakan 11 Oktober 2011. Acara Temu lapang panen dilakukan di Kelompok Tani Bintang Jaya yaitu di Dusun Bintang, Desa Pahauman Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak. Acara ini dihadiri oleh Bapak Bupati Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si, Dinas Pertanian Propinsi dan Kabupaten, Kelompok Tani serta Kepala SKPD lingkup Kabupaten Landak.

Dalam kesempatan ini Bapak Bupati Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si melakukan panen perdana demfarm varietas padi Inpari 6 dan Inpari 4 yang merupakan varietas terbaik hasil uji adaptasi VUB pendampingan SL-PTT tahun 2010. Dari hasil panen secara ubinan diperoleh produksi Gabah Kering Panen masing-masing varietas sebagai berikut : Inpari 6 = 6,2 ton/ha (kadar air 15,2 %) dan Inpari 4 = 4,5 ton/ha (kadar air 17,2 %). Dalam sambutannya Bapak Bupati mengajak masyarakat untuk mendukung Program Pertanian yang ada di Kabupaten Landak diantaranya Program SL-PTT. Selain itu juga percontohan demfarm padi dengan melakukan penerapan teknologi yang dilakukan dapat menjadi contoh bagi petani disekitarnya dengan hasil produksi secara ubinan lebih tinggi dibandingkan varietas yang sudah lama ditanam petani. Dengan demikian VUB padi Inpari 6 memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan dalam rangka mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Landak.(Tyk)