Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI) di Desa Andeng Kab. Landak

Kategori Induk: Berita Dilihat: 3414

Kegiatan ujicoba  Varietas Unggul Baru (VUB) di Desa Andeng Kec. Sengah Temila Kab. Landak adalah merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk mewujudkan Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI). M-P3MI di Desa Andeng di fokuskan pada upaya optimalisasi sumberdaya spesifik lokasi untuk mewujudkan Sistem Usaha Agribisnis (SUA) padi.

 

Varietas unggul yang diintroduksikan untuk mendukung terwujudnya SUA padi di Desa Andeng terdiri dari varietas berumur super genjah dan genjah antara lain : Inpari 10, Inpari 12, Inpari 13, Mekongga, Cibogo, serta Ciherang sebagai varietas eksisting. Introduksi varietas super genjah seperti Inpari 12, dan Inpari 13 ditujukan untuk peningkatan produksi melalui peningkatan Indek Pertanaman menjadi IP-300.

Agar VUB yang diintroduksikan dapat cepat diadopsi dan berdifusi, maka dilakukan pendekan diseminasi melalui system Spektrum Diseminasi Multi Channel (SDMC), yakni dengan menghadirkan Bupati Landak, Kepala Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten, dan Kepala SKPD lingkup Kab. Landak pada kegiatan temu lapang panen raya VUB tersebut. Pada kegiatan temu lapang ini Bupati Landak melakukan panen perdana pada varietas Inpari 13 dan Mekongga.  Beliau sangat terkesan dengan keragaan tanaman yang ada di lokasi serta menghimbau kepada masyarakat tani agar dapat mengembangkan VUB ini mendukung terwujudnya Program Kawasan Usaha Agribisnis Terpadu (KUAT) dan  Food Estate di Kab. Landak (lihat gambar).

Pada kegiatan temu lapang ini dilakukan ubinan terhadap semua VUB padi yang diintroduksikan. Luasan ubinan adalah 2,8 m X 5 m (sistem tanam jajar legowo 4:1). Dari hasil ubinan tersebut diperoleh hasil Gabah Kering Panen (GKP) per hektar dari masing-masing varietas : Inpari 10 =  7,5 ; Inpari 12 =  6,24; Inpari 13 = 8,64, Mekongga =  9,28; Cibogo =  7,62, dan Ciherang =  6,72. Berdasarkan hasil ubinan tersebut maka VUB yang memiliki peluang baik untuk dikembangkan adalah Mekongga dengan Produktivitas 9,28 ton/ha, dan Inapri 13 dengan Produktivitas 8,6 ton/ha sebagai varietas pilihan yang dapat dikembangkan untuk mendukung IP- 300 di Desa Andeng.(Tyk)