Panen Perdana Kegiatan Pengembangan VUB padi Khusus dan VUB padi Spesifik Lokasi di Kalbar

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 191
Sebagai bagian dari Kegiatan Pengembangan VUB padi Khusus dan VUB padi Spesifik Lokasi di Kalimantan Barat yang sangat gencar dilakukan oleh BPTP Kalimantan Barat, maka pada hari Kamis (15/7) Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai dan tim mengadakan Panen Perdana di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.
 
Panen perdana pada demfarm yang dilakukan pada lahan seluas 10 ha dihadiri oleh Drs. Yohanes Ontot, M.Si (Wakil Bupati Kabupaten Sanggau), Yessy Melania, SE (Anggota Komisi IV DPR-RI), Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sanggau, Kadis Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Sekcam Kembayan, Kepala Desa Tunggal Bhakti, Kepala BPS Sanggau, Babinsa Tunggal Bhakti dan Polsek Kembayan.
 
Teknologi yang diterapkan adalah teknologi budidaya padi Jarwo Super dengan komponen teknologi sistem tanam jajar legowo 2 : 1. VUB padi yang digunakan yaitu Inpari 36, Inpari 37, Inpari 32, Inpari IR Nutri Zinc, Inpari 24, dan Pamelen. Pemupukan berimbang dilakukan dengan menggunakan perangkat uji tanah sawah ( PUTS), serta pengendalian OPT dilakukan secara terpadu.
 
Dari hasil ubinan varietas Inpari 37 diperoleh produktivitas 7, 38 t/ha GKP. Hasil kegiatan ini ditargetkan berupa benih yang akan didiseminasikan guna mempercepat penyebaran VUB padi mendukung peningkatan Provitas dan peningkatan IP di Kalimantan Barat.
Ayo semangat melakukan pengawalan ketersediaan produksi pangan di Kalimantan Barat…!!