JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Hasil Panen VUB Inpari 6 ; “Tahun ke depan beras Cap Kelam Permai akan hadir dipasar Sintang”

Dengan sangat berapi-api dan penuh emosional Bupati Sintang Bapak Milton Crosby  menyatakan bahwa 2-3 tahun ke depan beras Cap Kelam Permai haruslah telah hadir dipasar Sintang, mengingat luas lahan  mencapai 60 ha, produktivitasnya mencapai 4-5 ton/ha dan pertanaman  2 kali dalam setahun.  Sekarang BPTP KALBAR telah melaksanakan uji demplot dengan perangkat teknologinya  seperti penggunaan benih unggul  dengan memasok VUB INPARI 6, mustilalah petani mau mempraktekkannya dilahan sawahnya sehingga mimpi kita bersama dapat terwujud segera, sekaligus menggerakkan perekonomian. Kita  tak perlu beli beras lagi, karena kita memang mampu menghasilkannya. Demikian secuil  motivasi sekaligus arahan Bupati dalam sambutannya dalam Temu Lapang di desa Kebong Kecamatan Kelam Permai.

Desa Kebong sendiri  juga sangat dikenal dengan daerah wisata karena berada tepat di bawah bukit Kelam Permai, sekitar 20 KM dari kota Sintang dengan lama perjalanan 30-50 Menit. Luas lahan produktif mencapai 80 ha dan 40 ha telah ditanami 2 kali dalam setahun. Di desa inilah diadakan demplot  VUB INPARI-6 dengan teknologi pertanaman seperti penggunaan pupuk berdasarkan PUTS, pengembalian jerami ke lahan lahan tanpa pembakaran, olah tanah sempurna,  sistim tanam lewogo 4:1, pengendalian hama dan penyakit berdasarkan PHT, panen sabit bergerigi.

Uji demplot terlaksana berkat kerjasama  Badan LITBANG PERTANIAN yang diwakili oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat  dengan Pemerintah Kabupaten Sintang dalam hal ini Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sintang dibantu oleh BP4K melalui mantri tani dan penyuluh-penyuluh. Kerjasama yang harmonis ini, dapat disaksikan ketika instansi-instansi tersebut bersedia hadir pada Temu Lapang. Dari Pemerintah Kabupaten dihadiri oleh orang nomor satu yaitu Bapak Bupati berserta rombongan, Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat dihadiri oleh Ibu Darlina dan staff, Dinas Pertanian kabupaten Sintang langsung digadiri oleh Kepala Dinas ( Bapak Ir. Arbudin), Kepala Bidang (Bapak Robinson M), kepala seksi beserta dengan rombongan, BP4K diwakilkan kepada Ir. Suhaidi Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan para penyuluh serta dari BPTP Bapak Ir. Jiyanto, MM beserta dengan rombongan.

Waktu Temu Lapang sendiri berlangsung dari  jam 10.00 Wib sampai dengan 13.00 Wib dengan dihadiri petani desa Kebong, desa sekitarnya ( Kemukut, Merpak, Baning dll)  80 orang.  Hasil ubinan dari VUB INPARI-6  dari rerataan   2 petak sampel adalah 4,24 ton/ha.  Dalam acara tersebut juga diberikan bantuan dari  Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Bupati Bapak Milton Crosby kepada kelompok tani “ cahaya harapan” yang langsung diterima oleh ketua Kelompok Tani Bapak Swandi berupa 1 unit traktor tangan, 1 unit power thresher, 1 unit ppengolah sampah (APPO).

 

Harapan para petani, bahwa kerjasama melalui Uji Demplot ini terus dilakukan dan jangan sampai di satu tempat biar petani-petani semakin termotivasi dalam menanam padi. Biar bagaimanapun kalau padi tidak ditanam, darimana orang  makan nasi, tak mungkin kan  makan brondongan sawit  ? Inilah sekilas harapan petani setelah acara tersebut.