JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Pelaksanaan Pemandu Lapang III Kab. Sanggau

Pelaksanaan Pemandu Lapang III SLPTT padi dan jagung di Kabupaten Sanggau dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 23 Juli 2011 di Hotel Carano. Diikuti oleh peserta sebanyak 45 orang dari 15 kecamatan di Kabupaten Sanggau, masing-masing kecamatan 3 orang yang terdiri dari Mantri Tani, Petugas POPT dan Petugas Penyuluh Lapangan. Acara pembukaan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Sanggau, Kepala dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sanggau. Dalam kata sambutan bupati yang dibacakan oleh Sekda bahwa tanaman pangan merupakan komoditas yang sangat penting dan harus terpenuhi.

Target pemerintah daerah agar kabupaten sanggau dapat swasembada beras yang saat sekarang ini sekitar 52.616. 660 ton sedangkan kebutuhan kabupaten sanggau 53.875.540 ton. Pelaksanaan SLPTT padi dan jagung tahun 2011 sebanyak 285 unit dengan luas areal 6200 ha. Tujuannya untuk melakukan koordinasi antar petugas mulai dari pusat hingga daerah, mempercepat penerapan komponen teknologi PTT dan meningkatkan produktivitas tanaman yang akhirnya meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan petani.

Pelaksanaan PL III disampaikan beberapa materi diantaranya Issu dan Strategi Pencapaian Output SLPTT padi dan Jagung oleh Dinas Pertanian Kab. Sanggau, Kebijakan dukungan penyelengaraan penyuluhan pertanian dalam pencapaian output SLPTT padi dan Jagung oleh BP4K, Kebijakan dukungan pendampingan teknologi SLPTT padi dan Jagung oleh BPTP Kalbar, Pencapaian ketahanan pangan padi dan jagung oleh Kantor Ketahanan Pangan, penyusunan analisis prioritas masalah oleh Dinas Pertanian TPH Kalbar, dan pelaksnaan Field Trip serta diakhiri dengan Rencana Tindak Lanjut.