JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kunjungan Tim ICARE Balitbangtan dan BPTP Kalbar ke Petani Jeruk yang Berhasil Membudidayakan Jeruk yang Berbuah Sepanjang Tahun

Pasca pelaksanaan koordinasi persiapan kegiatan ICARE antara Tim ICARE BPTP Kalbar dan Balitbangtan dengan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Ir. H. Mohammad Yayan Kurniawan, MM, Kepala Bappeda Kab. Sambas, Ir. Sabtuni, M.Si, Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Setda Kabupaten Sambas, Drs. H. Urai Heriansyah, Koordinator Penyuluh Kecamatan Tebas, Ibu Suliati, KEP Tebas Gemilang Jaya (offtaker padi), Bapak Sumadi, dan offtaker jeruk, Bapak Sarpili. Tim ICARE BPTP Kalbar dan Balitbangtan yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai melakukan kunjungan ke Pak Ram Li, petani jeruk yang tergabung dalam Kelompok Tani Buloh Serumpun di Desa Gapura Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas yang telah berhasil membudidayakan tanaman jeruk yang berbuah sepanjang tahun.
 
Keberhasilan Pak Ramli dapat dijadikan panutan bagi petani jeruk dalam pengembangan secara kontinu supaya dapat berbuah tanpa mengenal musim atau berbuah sepanjang tahun. Hal ini sejalan dengan teknologi budidaya Jeruk yang berhasil dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika (Balijestro) dengan teknologi yang disebut #BUJANGSETA (buah berjenjang sepanjang tahun. Varietas yang ditanam di lahan Pak Ramli yaitu varietas jeruk siam pontianak. Menurut beliau, dalam setahun dapat dilakukan 8-9 kali panen jeruk yang umumnya panen jeruk hanya dilakukan 2-3 kali dalam setahun.
 
Dalam kesempatan ini, dilakukan diskusi terkait teknik budidaya yang digunakan Pak Ramli sehingga dapat menghasilkan tanaman jeruk yang berbuah tidak mengenal musim. Selain itu, dilakukan kunjungan langsung (on-visit) ke kebun jeruk Pak Ramli tersebut. Diharapkan dengan adanya petani seperti Pak Ramli ini yang berhasil melakukan suatu terobosan dalam hal budidaya jeruk, diharapkan dapat meningkatkan kembali kejayaan jeruk tebas yang lebih dikenal di pasaran dengan nama jeruk siam pontianak. Hal ini juga sejalan dengan rencana pelaksanaan kegiatan ICARE di Kalimantan Barat dengan salah satu komoditas yang akan dikembangkan yaitu jeruk.
 
#ICAREKalbar
#JerukSambas
#KalbarMaju