JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Pendampingan Program Pangan Lestari (P2L) di KWT Pandan Wangi

Kegiatan P2L dilaksanakan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga melalui pemanfaatan pekarangan sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.
 
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat sebagai unit pelaksana teknis Badan Litbang Pertanian di daerah melalui fungsi informasi, komunikasi dan Diseminasi melakukan pendampingan P2L di KWT Pandan Wangi Kota Pontianak.
 
Terbatasnya lahan pada wilayah perkotaan, metode inovasi pemanfaatan pekarangan dapat dilakukan melalui bertanam sayuran dalam polybag, pot atau vertikultur. Keuntungan Inovasi teknologi budidaya ini diantaranya memanfaatkan ruang kosong untuk memenuhi kebutuhan dapur, menambah keindahan alami lingkungan, menciptakan taman cantik di lahan terbatas, meningkatkan suplai oksigen di lingkungan sekitar, tanpa melakukan olah tanah, fleksibel (dapat dengan mudah diletakkan dimana saja) serta relatif murah dan mudah pembuatannya.
 
Jum'at (4/6), Kegiatan pendampingan yang dilakukan Tim BPTP Kalbar di KWT Pandan Wangi Kota Pontianak ialah berupa pembinaan dan memberikan semangat dalam pemeliharaan tanaman di polybag, dimana KWT ini sebelumnya telah menerima polybag aneka sayuran dari BPTP Kalimantan Barat sebanyak 470 polybag meliputi tanaman cabe, bayam, kubis bunga, kangkung dan terung.
 
Hasil kunjungan terlihat tanaman sayuran dalam polybag telah terpelihara dengan baik, kendala yang dihadapi meliputi serangan hama penyakit seperti kutu dan penyakit Antraknose pada tanaman cabe. Penanganan yang disarankan adalah melakukan pencabutan tanaman yang terserang serta pengendalian menggunakan pestisida sesuai dosis yang dianjurkan.
 
Mengakhiri kegiatan pendampingan P2L diidentifikasi kebutuhan teknologi yang diperlukan KWT sebagai umpan balik ke depan dalam melakukan pendampingan yang berkelanjutan.