JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Panen Bunga Kol Visitor Plot BPTP Kalimantan Barat

Sobat Tani, mari kita mengenal Tanaman Sayuran yang biasa disebut Bunga Kol/Kembang Kol. Kubis bunga (Brassica oleracea L.) adalah jenis sayuran yang masuk dalam famili Brassicaceae (jenis kol dengan bunga putih kecil). Masyarakat Indonesia mengenal sayuran kubis bunga sebagai bunga kol, kembang kol. Bagian yang dikonsumsi dari sayuran ini adalah masa bunganya.
 
 
Kubis bunga memiliki tangkai daun agak panjang dan helai daun berlekuk-lekuk panjang. Tangkai bunga kubis bunga lebih panjang dan lebih besar dibandingkan dengan kubis bunga. Massa bunga kubis bunga tersusun secara kompak membentuk bulatan berwarna hijau tua, atau hijau kebiru-biruan, dengan diameter antara 15-20 cm atau lebih Pada kondisi lingkungan yang sesuai, massa bunga kubis bunga dapat tumbuh memanjang menjadi tangkai bunga yang penuh dengan kuntum bunga, tiap bunga terdiri atas 4 helai kelopak bunga (calyx), empat helai daun mahkota bunga (corolla), enam benang sari yang komposisinya empat memanjang dan dua pendek.
 
Senin (17/5), Seluruh pegawai BPTP Kalimantan Barat melakukan panen sayuran Kembang kol di Visitor Plot BPTP Kalbar. Panen dipimpin oleh Kepala Balai Dr. Rustam Massinai didampingi oleh Hartono, SP selaku Penanggung Jawab Visitor Plot BPTP Kalbar.
 
Selanjutnya, seluruh pegawai dipersilahkan melakukan panen bunga kol secara langsung dari pohonnya. Antusias terlihat jelas terutama ibu-ibu yang memerlukan sayurun untuk menyediakan gizi keluarga di rumah. Budidaya bunga kol di pekarangan dapat menjadi contoh bagi keluarga dirumah untuk memanfaatkan lahan pekarangannya dalam bercocok tanam.
 
Semangat bertani sobat tani....