JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Survey CPCL dan Koordinasi kegiatan Demfarm Padi VUB di Lahan Rawa Pasang Surut Kalimantan Barat.

Dalam mewujutkan pencapaian swasembada pangan dankesejahteraan petani, hal yang perlu dilakukan yaitu percepatanpeningkatan produksi padi melalui optimalisasi peningkatan produktivitaspadi pada lahan sawah sub optimal yang sampai saat ini produktivitasnya masih rendah yaitu kurang dari 4 ton/ha.
 
Jum'at (7/5), Kepala Balai Dr. Rustan Massinai beserta Tim melakukan Survey CPCL dan Koordinasi kegiatan Demfarm Padi VUB di Lahan Rawa Pasang Surut Kalimantan Barat.
Kegiatan ini merupakan kemitraan Badan Litbang Pertanian dengan BPTP Kalimantan Barat, yang merupakan kegiatan pendampingan Demfarm dalam skala 10 ha pada lahan sawah sub optimal lahan pasang surut dan rencananya akan dilaksanakan di Desa Parit Madiun, Dusun Cenderawasih, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya.
 
Koordinasi dilakukan langsung bersama Bapak Jaenuri (Ketua Gapoktan Madiun Bersatu), yang selanjutnya Tim BPTP Kalbar akan menindaklanjuti kembali hasil koordinasi hari ini dengan membahas lebih lanjut perencanaan kegiatan demfarm tersebut. Berdasar informasi yang didapat, produktivitas padi di Desa Parit Madiun adalah sekitar 3-4ton/ha, dan akan mulai persemaian pada awal Juni mendatang.
 
Dalam pelaksanaannya akan diterapkan inovasi budidaya padi spesifik lokasi RAISAmenggunakan mesin tanam rice transplanter yang pelaksanaannya berdasarkan padaPengelolaan Tanaman Terpadu (PTT).
Melalui koordinasi hari ini, semoga kegiatan nantinya dapat berjalan dengan lancar dan memberi manfaat, terutama untuk mewujudkan kesejahteraan pangan dan petani khususnya di Kalimantan Barat.