JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Verifikasi Calon Lokasi Pengembangan Food Estate Bersama Tim Dirjen Hortikultura di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat

Food Estate merupakan sebagai salah satu program unggulan nasional untuk menjaga ketahanan dan cadangan pangan nasional. Kabupaten Sambas, merupakan salah satu yang kabupaten yang diusulkan menjadi lokasi pengembangan Food Estate di Kalimantan Barat. Sebelum melakukan verifikasi di lapangan, Tim Ditjen Horti Bapak Achmad Romdhan dan Bapak Irman Haris didampingi Tim BPTP Kalimantan Barat, Ibu Sari Nurita melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan kabupaten Sambas Ir. Yayan Kurniawan, MMA. Beliau menyambut baik program Food Estate yang akan dilaksanakan.

Kamis (29/4), Tim Ditjen Horti dan BPTP Kalimantan Barat melakukan verifikasi di Kecamatan Tebas yang menjadi usulan Food Estate Kab. Sambas di BB Tebas. Kegiatan ini, dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaaten Sambas, Bappeda, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Tebas Gemilang Jaya, Koordinator BPP Tebas, penyuluh, gapoktan dan koramil. Pertemuan ini dilaksanakan untuk membangun sinergi dan tempat diskusi bersama dalam menggali potensi serta permasalahan dalam pengembangan Food Estate yang akan di laksanakan.

Secara umum gambaran verifikasi di Kecamatan Tebas yaitu karakteristik lokasi mendukung dengan lahan telah sesuai untuk pengembangan padi yang diusahakan sepanjang tahun, IP 200 yang dapat ditingkatkan menjadi 300 karena sumber air tersedia namun belum terkelola dengan baik, produktivitas 4 - 5 ton/ha, penangkaran benih sudah bermitra dengan PT. Pertani.

Sarana pendukung seperti traktor dan power thresher cukup tersedia, sedangkan combine harvester belum mencukupi. Sarana pengolahan hasil seperti tersedia, baik RMU untuk menghasilkan beras medium maupun beras premium untuk mendukung Inpres No. I tahun 2021. Pemasaran hasil panen sebagian dikelola oleh KEP Tebas Gemilang Jaya bekerjasa dengan Bumdes. Dari Diskusi dilanjutkan dengan melakukan kunjungan lapang ke Tebas Sungai Kompleks (Desa Tebas Sungai, Mekar Sekuntum, Serumpun Buluh, Dungun Prapakan, Pangkalan Kongkis, Sungai Kelambu) yang didampingi oleh Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Sambas, Bappeda, Koordinator Penyuluh, Penyuluh, Gapoktan, Koramil dan Babinsa untuk melihat langsung kondisi pertanian di Kecamatan Tebas yang antusias dalam mendukung pelaksanaan food estate di kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas.

Mengakhir kegiatan verifikasi calon lokasi food estate di kabupaten Sambas, Kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas menyampaikan terima kasih kepada Tim Ditjen Hortikultura dan BPTP Kalimantan Barat yang telah melakukan verifikasi di Kecamatan Tebas dan sangat mengharapkan dukungan pendampingan demi kelanjutan dan kesuksesan pembangunan pertanian di Kabupaten Sambas.