JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tim Verifikasi Food Estate Provinsi Kalimantan Barat Melakukan Koordinasi Bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura

Jumat, (30/4) Tim verfikasi Food Estate Dirjen Hortikultura Ir. Slamet, Endar, SP, dan Irman Haris, ST, Romdhan didampingi Ir. Sari Nurita dan Tietyk Kartinaty, SP, MP melakukan koordinasi dan sosialisasi ke Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. Kedatangan Tim Food Estate beserta Tim BPTP Kalbar disambut baik oleh Kepala Dinas Pertanian (TPH) Ir. Florentinus Anum, M.Si yang didampingi oleh Kabid Tanaman Pangan, Kabid Hortikultura dan Kasi Tanaman Serealia.

Tim verifikasi Dirjen Hortikultura yang diwakili Bapak Ir. Slamet memberikan laporan bahwa hasil verifikasi di lapangan yang telah dilakukan pada 3 kabupaten calon lokasi Food Estate yaitu Mempawah, Landak dan Sambas. Gambaran secara umum dari hasil survey dan verifikasi ketiga lokasi sudah mendukung untuk pengembangan Food Estate di Kalimantan Barat. Hilirisasi didukung oleh offtaker dibeberapa lokasi yang sudah terbentuk dan dukungan kelompok tani serta gapoktan yang responsif terhadap inovasi teknologi serta karakteristik wilayah dan sumberdaya alam yang mendukung.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Florentinus Anom menyambut baik dan mengharapkan agar program Food Estate ini dapat terlaksana di Kalbar. Melihat partisipasi masyarakat tani sangat mendukung, tentunya harus didampingi para penyuluh di lapangan yang memberikan bimbingan dan motivasi. Jika program ini sudah terlaksana tentunya harus didukung oleh sarana prasarana mulai pra tanam dan pasca panen yang memadai mengingat kawasan Food Estate mencakup luas wilayah 1.000 - 3.000 Ha.

Semoga terlaksananya program ini dapat memdukung ketahanan pangan nasional khususnya di Kalimantan Barat.