JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalimantan Barat bersama Tim Dirjen Hortikultura Melakukan Verifikasi Calon Lokasi Pengembangan Food Estate Provinsi Kalimantan Barat.

Food Estate sebagai salah satu Program unggulan nasional dalam upaya penguatan ketahanan pangan nasional. Kabupaten Landak termasuk yang diusulkan akan dilakukan pengembangan Food Estate di Kalimantan Barat.
 
Kamis (29/4), Tim Dirjen Hortikultura Bapak Endard, SP dan Bapak Ir. Slamet didampingi Ibu Tietyk Kartinaty, SP, MP melakukan verifikasi lanjutan hari kedua setelah sebelumnya telah dilakukan verifikasi di Kabupaten Mempawah. Kegiatan diawali melakukan koordinasi bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Landak Bapak Sahbirin, ST, MT yang dalam hal ini beliau menyambut baik adanya program Food Estate di Kabupaten Landak, kemudian Tim Dirjen Hortikultura menjelaskan gambaran pengembangan Food Estate.
 
Selanjutnya, dilakukan verifikasi pada 3 kecamatan yaitu Sengah Temila, Sompak dan Menjalin yang dilakukan secara sinergis bersama instansi terkait di Kabupaten Landak diantaranya : Bappeda, Disperindag, Dinas PU, Kepala Desa, Bumdes, Credit Union, Dinas Perkebunan, POPT Propinsi dan Kabupaten, Kepala BPP dan Penyuluh lapangan melalui diskusi bersama dengan melibatkan petani, kelompok tani dan gapoktan dalam menggali potensi dan permasalahan dalam pengembangan Food Estate di 3 kecamatan tersebut sebagai calon lokasi yang diusulkan oleh Kabupaten Landak.
 
Secara umum gambaran verifikasi pada 3 calon lokasi (Kecamatan Sengah Temila, Menjalin dan Sompak) karakteristik wilayah mendukung yaitu tipe lahan irigasi 1/2 teknis dengan ketersediaan air sepanjang tahun, produktivitas tinggi 5 - 6 ton/ha, IP 200 dan masih dapat ditingkatkan menjadi IP 300, pemasaran hasil panen dilakukan dengan menjual secara langsung dan sebagian sudah dikelola BUMDES. Sarana pendukung RMU, alat dan mesin pertanian (traktor, power threser) cukup tersedia, petani dan kelompok tani serta gapoktan responsif terhadap teknologi yang akan diterapkan serta adanya kemitraan koorporasi dengan kelompok penangkar benih dan PT. Pertani serta koperasi Credit Union yang ada di setiap kecamatan.
 
Mengakhiri verfikasi calon lokasi food estate di Kabupaten Landak, Kepala Dinas Pertanian Landak mengucapkan terima kasih kepada Tim Dirjen Hortikultura dan BPTP Kalimantan Barat yang telah melakukan verifikasi pada 3 lokasi tersebut dan sangat mengharapkan dukungan pendampingan yang berkelanjutan demi mensukseskan pembangunan pertanian di Kabupaten Landak.