JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Bimtek Inovasi Teknologi Jagung Mendukung Pembangunan Pertanian di Kalimantan Barat

Senin (26/04/21) BPTP Kalbar kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di Kalimantan Barat. Dari tiga lokasi yang dilakukan serentak pada hari ini, Tim BPTP Kalbar dengan koordinator kegiatan, Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si mendapat tugas di Desa Rasau Jaya Tiga, Kabupaten Kubu Raya untuk menyampaikan materi terkait "Inovasi Teknologi Jagung Mendukung Pembangunan Pertanian di Kalimantan Barat" dengan peserta petani dari desa sekitar. Kecamatan Rasau Jaya adalah salah satu sentra komoditas pertanian di Kabupaten Kubu Raya termasuk jagung.
 
Acara dibuka oleh Koordinator kegiatan, Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si. Turut hadir Kepala Desa Rasau Jaya Tiga, Bapak Iin Sumirat dan koordinator Penyuluh BPP Rasau Jaya, Ibu Siti Masitoh beserta penyuluh setempat.
 
Adapun materi yang disampaikan antara lain :
1. Teknologi produksi benih jagung komposit dan hibrida, dengan pemateri Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si (Peneliti).
2. Teknologi Budidaya Jagung Komposit dan Hibrida, beserta SUT, dengan pemateri Sanusi, SST (Penyuluh).
3. Teknologi Pascapanen Jagung, dengan pemateri Sigit Uji Marzuki, ST, M.Eng (Peneliti).
4. Tataniaga dan Kelembagaan Agribisnis Jagung (Linda Yulinda Asri, SST (Penyuluh).
 
Pada dasarnya, petani jagung di desa Rasau Jaya Tiga sudah tentu menguasai teknis budidaya tanaman jagung, oleh karena itu yang perlu dilakukan adalah sentuhan pengetahuan dan inovasi teknologi agak agribisnis jagung di Rasau Jaya tetap berjaya.