JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbenihan Lada di Kab. Melawi

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, tidak menyurutkan semangat Petani untuk terus belajar dan menimba ilmu. Jum’at (23/4), BPTP Kalimantan Barat bersama Balai Besar Pengkajian Teknologi Pertanian (BBP2TP-Bogor) melaksanakan “Bimbingan Teknis Perbenihan Lada” yang diadakan di Gedung Pertemuan Kurnia Waterpark, Nanga Pinoh, Kab. Melawi. Bimtek ini dihadiri Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Melawi Daniel, S.P., M.M., Koordinator Penyuluh BPP Sidomulyo, dan Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI Dapil II Kalimantan Barat.
 
Bimtek diikuti oleh 54 peserta dari berbagai kelompok tani dan kalangan umur (kisaran 24-60 tahun). Materi yang disampaikan mengenai Budidaya Tanaman Lada dan Pengendalian OPT Lada.
"Pemerintah tetap konsisten memperhatikan masyarakat, khususnya petani lada, sehingga bimtek perbenihan lada ini sangat penting untuk menambaha wawasan, pengetahuan, karena langsung dari sumbernya. Karena itu, teruslah belajar, karena belajar juga merupakan ibadah, terkhusus di bulan Ramadan ini," tutur Bapak Kadinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Melawi.
Kepala BPTP Kalimantan Barat yang diwakili oleh Didik Syaifuddin Anshori, S.T.P (Penyuluh BPTP Kalbar), menyatakan bahwa petani lada akan mendapatkan benih unggul, dengan harapan produksinya akan meningkat. Melalui Bimtek ini harapannya petani dapat belajar bersama dan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah didapat untuk terus mengembangkan pertanian lada di Kab. Melawi.
 
Kepala BBP2TP yang diwakili oleh Ibu Vyta Wahyu Hanifah, S.Pt., Msc, menyebutkan akan ada beberapa kali bimtek perbenihan lada, sehingga berbudidaya tanaman lada akan lengkap, mulai dari benih hinga pasca panen. Tujuan akhirnya, meningkatnya pendapatan petani lada. Sementara Tenaga Ahli Anggota komisi IV DPR RI Ibu Rayla, menyatakan bahwa sebagai anggota dewan, beliau terus memperjuangkan petani-petani di Kalimantan Barat khususnya di Kab. Melawi hingga petani tersejahterakan.
 
Peserta Bimtek sangat antusias mengikuti Bimtek ini, terbukti pada saat sesi diskusi terdapat banyaknya pertanyaan dan jawaban yang selama ini petani belum memperolehnya. Peserta berharap kegiatan Bimtek seperti ini dapat berjalan kontinyu karena dapat menambah wawasan dalam bertani lada.
 
Peserta Bimtek kemudian diajak terjun langsung ke lokasi pengembangan lada untuk mempraktekan ilmu yang didapat saat penyampaian materi sebelumnya. Pertanian maju, petani sejahtera bukan lagi mimpi tetapi telah berwujud nyata di lapangan.