Bimbingan Teknis Ke-5 “Inovasi Teknologi Pascapanen Mendukung Program Padat Karya Pertanian di Kalimantan Barat“

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh Dhaifilah Dilihat: 199
Kamis (25/3), BPTP Kalimantan Barat melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap Kelima, tema yang diangkat pada Bimtek kali ini yaitu "Inovasi Teknologi Pascapanen" mendukung Program Padat Karya Pertanian di Kalimantan Barat. Bimtek dilaksanakan di Laboratorium Pascapanen BPTP Kalimantan Barat. Kegiatan dibuka langsung oleh Kasubbag TU, Supangat, SE., dengan didampingi Peneliti dan Penyuluh BPTP Kalimantan Barat.
 
Materi bimtek disampaikan oleh Sigit Uji Marzuki. S.T., M.Eng. (Peneliti) mengenai Proses Pengolahan Keripik Nanas dengan menggunakan Vacuum Frying. Sedikit informasi, Vacuum Fryer atau mesin penggoreng hampa merupakan mesin penggorengan dengan sistem vakum/hampa, biasanya digunakan untuk membuat aneka jenis keripik buah dan sayur. Beberapa keuntungan pengolahan pangan menggunakan vacuum frying ini adalah nutrisi tidak hilang karena digoreng pada suhu <100 derajat celcius yang disertai pemvakuman, warna tidak berubah dan tidak gosong, penggorengan secara alami/tanpa penambahan zat pewarna maupun perasa dan hasil sayur -buah yang dibuat menjadi renyah dan nikmat. Fokus komoditas yang dioleh pada bimtek ini adalah Nanas. Seperti diketahui, Nanas memiliki kadar air yang tinggi sehingga perlu adanya pretreatment untuk mengurangi kadar air pada nanas seperti perendaman dengan larutan garam atau kapur sirih maupun melalui proses pembekuan, dan lain sebagainya.
 
Bimtek ini dihadiri lebih kurang 50 peserta yang terdiri dari Petani milenial, Kelompok Wanita Tani dan Petani. Peserta terlihat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber. Setelah dilakukan pembekalan materi, peserta bimtek diarahkan untuk praktik secara langsung mengenai pengolahan keripik nanas dengan vacuum frying. Persiapan pelaksanaan kegiatan Bimtek dibantu oleh mahasiswa magang dari Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Peserta juga berkesempatan mencicipi produk keripik nanas yang telah disiapkan. Pelaksanaan serta pengarahan kegiatan ini juga didampingi oleh Pegawai BPTP Kalimantan Barat.
 
Melalui kegiatan ini diharapkan terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta Bimtek (petani) terkait teknologi pengolahan pascapanen. Pelaksanaan kegiatan hari ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. BPTP Kalimantan Barat juga memfasilitasi penyediaan masker kepada peserta Bimtek demi pencegahan terhadap pandemik Covid-19.