JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Bimbingan Teknis Ke-4 “ Inovasi Teknologi Perbenihan Tanaman Hortikultura dan Perkebunan “

Kamis (18/3), BPTP Kalimantan Barat melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keempat dengan mengusung tema terkait "Inovasi Teknologi Perbenihan Tanaman Hortikultura dan Perkebunan” mendukung Program Padat Karya Pertanian di Kalimantan Barat.
 
Dalam pelaksanaannya, peserta Bimtek juga turut berkontribusi dalam "Gerakan Satu Juta Polybag" yang dicanangkan Bapak Kepala Balai Dr. Rustan Massinai. Peserta Bimtek diberi arahan cara mengolah media tanam yang baik, yang mana polybag yang sudah terisi ini nantinya untuk ditanami tanaman hortikultura dan perkebunan.
Acara dibuka oleh Kepala Balai Dr. Rustan Massinai, S.T.P. M.Sc.. didampingi oleh Peneliti dan Penyuluh (BPTP Kalimantan Barat). Peserta yang hadir lebih kurang sebanyak 100 orang, terdiri dari Kelompok Tani , Petani Milenial serta Masyarakat sekitar Pontianak Utara.
 
Kegiatan Bimbingan Teknis ini terdiri dari penyampaian materi oleh narasumber Dadan Permana, SP, M.Si menjelaskan tentang Perbenihan Tanaman Kelapa dan Ir. Azri, M.si. menjelaskan tentang Perbenihan Tanaman Lada. Peserta terlihat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber. Dalam sesi diskusi, terdapat 3 orang peserta yang bertanya bagaimana cara memilih benih yang baik serta cara pemupukannya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, langsung dijawab dan dijelaskan oleh narasumber ke peserta.
 
Setelah dilakukan pembekalan materi, peserta bimtek diarahkan untuk praktik secara langsung ke lapangan mendukung program padat karya di Kalimantan Barat. Pelaksanaan serta pengarahan pengolahan media tanam ini juga didampingi oleh Pegawai BPTP Kalimantan Barat yang terbagi dalam 5 kelompok.
Dalam rangkaian kegiatan bimtek hari ini, dilakukan praktik pemindahan bibit semaian terung, tomat, dan cabe ke dalam polybag pertanaman.