JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Koordinasi BPTP Kalbar, Bank Indonesia, dan Pondok Pesantren Darul Falah Sungai Kakap

Rabu (17/03/2021),  BPTP Kalbar melakukan koordinasi bersama Bank Indonesia, dan Ponpes Darul Falah terkait pembinaan dan pendampingan yang telah dilakukan oleh BPTP Kalbar dalam hal inovasi teknologi pertanian. Koordinasi kali ini dilakukan langsung oleh Kepala BPTP Kalbar, Dr. Rustan Massinai beserta tim yang merupakan tindak lanjut pembinaan dan peninjauan lokasi “Gerakan satu Juta Polybag” oleh BPTP Kalbar yang akan didistribusikan di Ponpes tersebut.
 
Pada kesempatan ini juga berbarengan dengan peninjauan lokasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Agung beserta tim untuk melakukan pendampingan dalam rangka mendukung peningkatan ekonomi Pondok Pesantren dan hal ini berpotensi dilakukan di Ponpes Darul Falah apabila memenuhi kriteria dan persyaratan. Pendampingan nantinya dilakukan dalam waktu tiga tahun bahkan lebih, dilihat dari geliat kemajuan ponpes itu sendiri.
 
Di tahun 2021, Bank Indonesia telah melakukan pembinaan dan pendampingan kepada 300 Pondok Pesantren di Indonesia untuk mendorong kestabilan penyediaan pangan yang berdampak pada ekonomi petani. Tentunya hal ini tidak lepas dari pendampingan dan perkembangan dari Pondok pesantren tersebut dalam melakukan pembinaan internal Ponpes bahkan petani di sekitar ponpes. Pondok Pesantren Darul Falah diketahui memiliki 157 santri dan turut aktif dalam memberdayakan lahan di sekitar ponpes. Diketahui, Pengasuh dari pondok pesantren Darul Falah, Ustadz Zainul Arifin sangat bersemangat dalam melakukan pembinaan berbasis pertanian di dalam dan luar ponpes. Hal tersebut terlihat dari banyaknya petani sekitar yang menjadi petani binaan ponpes, aplikasi integrasi pertanian dan peternakan yang selalu diusahakan oleh beliau dengan memanfaatkan limbah cair dan padat dari kambing dan sapi yang sangat bermanfaat bagi pertanian di ponpes, dan beliau mau untuk terus mencoba mengusahakan berbagai macam komoditas pertanian di lahan kosong ponpes untuk mengetahui komoditas apa yang cocok ditanam di lahan sekitar ponpes.
“Dengan adanya Champion Leadership seperti Ustadz Zainul Arifin di Ponpes ini, perkembangan ponpes dari tahun ke tahun sangat memungkinkan terjadi.” ujar Bapak Agung. Pembinaan ekonomi yang nantinya akan dilakukan oleh BI seperti gayung bersambut dengan pembinaan yang dilakukan oleh BPTP Kalbar dalam hal inovasi teknologi pertanian. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai harapan dari masing-masing pihak.