JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Pertemuan Dalam Rangka Supervisi Pelaksanaan Program Utama Kementerian Pertanian di Kabupaten Sambas

Senin (8/3/2021), bertempat di Ruang Pertemuan Bpp Tebas dilaksanakan pertemuan pembahasan pelaksanaan Pelaksanaan Program Utama
Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Kabupaten Sambas. Acara ini dihadiri oleh Kepala  Dr. Priatna Sasmita selaku Penanggung Jawab (PJ) Program Utama Kementerian Pertanian di Kalimantan Barat, Kepala  Dr.  , S.T.P., M.Sc., Penyuluh-penyuluh Kec. Tebas, para pemilik penggilingan padi yang masuk dalam Komando Strategis Penggilingan (Kostraling) di Kec. Tebas.
 
Dalam rangka menghadapi Bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat khususnya di Kalimantan Barat maka  memerlukan data perkembangan sebaran stok pangan, khususnya padi/beras, di masing-masing kabupaten/kota dan provinsi. Sehingga pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk menjaga ketahanan pangan seperti kestabilan harga dan ketersediaan pangan.
 
Kabupaten Sambas memiliki 10 kostraling dan 3 terdapat di Kecamatan Tebas. Dari hasil pertemuan ini, didapatkan data bahwa stok beras tersedia di tingkat petani cukup tersedia. Sehingga ketahanan pangan di Kec. Tebas sampai menjelang Bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H terjamin. Permasalahan yang disampaikan pada pertemuan ini yaitu, di tingkat penggilingan adalah kekurangan modal sehingga kostraling tidak bisa menyimpan gabah dalam jumlah yang banyak.
 
Kepala BPTP Kalbar dalam pertemuan ini menyampaikan bahwa ada beberapa kegiatan BPTP Kalbar yang akan di laksanakan di Kecamatan Tebas yaitu diataranya:
1. Demplot pengembangan VUB padi Khusus dan VUB padi Spesifik Lokasi.
2. Pengembangan Perbenihan Jeruk
3. Teknologi budidaya Jeruk Buah berjenjang sepanjang Tahun (bujang seta)