JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kunjungan Kepala Puslitbangtan ke Lokasi Penangkaran VUB Padi Nutrizinc Kabupaten Mempawah

Dalam rangka supervisi pelaksaan Program Utama  di  Dr. Ir. Priatna Sasmita, M.Si. beserta rombongan dari Puslitbangtan, dan Kepala  Dr. 
Rustam Massinai
, S.T.P. beserta rombongan dari BPTP Kalbar melakukan pertemuan di rumah petani penangkar di Desa Kecurit Bapak Sarmin sekaligus mengunjungi lokasi pertanaman padi varietas unggul baru (VUB) Inpari IR Nutri-Zinc di Desa Kecurit Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah (8/3/2021). 
Turut serta dalam pertemuan ini tim dari  , Kepala BPP Kec. Toho. Kapuslitbangtan Dr. Priatna pada pertemuan ini membahas tentang teknis budidaya padi, jenis-jenis VUB padi hasil penelitian  , serta pengelolaan kegiatan penangkaran yang optimal. Luas areal lahan yang dikelola oleh kelompok Pak Sarmin seluas 25 Ha yang terdiri dari 20 Ha VUB Inpari Nutrizinc dan sisanya VUB Inpari 32. Pertanaman ini merupakan yang pertama kalinya diuji coba oleh kelompok tani Pak Sarmin. Melihat potensi hasil nutrizinc ini, petani sangat antusias untuk menanam VUB nutrizinc.
Inpari nutrizinc merupakan varietas padi baru yang mempunyai kandungan zinc 34,51 ppm. Kandungan zinc 34,51 ppm bisa digunakan sebagai salah satu upaya mengatasi kekerdilan atau stunting. Inpari Nutri Zinc selain kaya nutrisi, juga memiliki produktivitas tinggi, dimana potensi hasil 9,98 t/ha, rata-rata hasil 6,21 t/ha. Selain itu tahan WBC, Blas, dan Tungro, serta rasa nasi enak dengan tekstur pulen (kadar amilosa 16,6%). Umur panen (dari semai) 115 hari.