JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kunjungan Anggota DPR RI Komisi IV Dapil Kalimantan Barat, Ibu Maria Lestari , S. Pd

Dalam rangka mendukung kemajuan pertanian di Kalimantan Barat, pada hari Senin (01/03/2021), Ibu Maria Lestari, S.Pd dan rombongan mengunjungi BPTP Kalimantan Barat untuk membahas implementasi program yang akan diadakan di Kalimantan Barat dan meninjau sejauh mana persiapan BPTP Kalimantan Barat untuk mengimplementasikan kegiatan tersebut. Kedatangan beliau disambut langsung oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat Dr. Rustam Massinai, S.T.P., M.Sc. beserta staf BPTP Kalbar.
Pertemuan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kecil BPTP Kalbar dan dihadiri oleh pejabat struktural dan perwakilan pejabat fungsional BPTP Kalbar. Beberapa yang dibahas yaitu penentuan lokasi kegiatan dan komoditas yang akan dilaksanakan. Komoditas yang dipilih adalah perbenihan kelapa dengan lokasi kegiatan berada di Kabupaten Mempawah, sebagian besar demfarm VUB padi spesifik lokasi hasil inovasi teknologi Balitbangtan dan VUB padi khusus di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak dan dan Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya untuk menaikan provitas di daerah tersebut. Beberapa VUB hasil inovasi Litbang Pertanian yang digunakan antara lain padi beras merah beraroma (Pamera), padi beras merah bertekstur pulen (Pamelen) padi hitam Jeliteng, beras basmati / beras panjang beraroma (Baroma), dan Inpari IR Nutri Zinc.
Dibahas juga pada kesempatan ini mengenai pertanaman padi di Desa Kuala Dua. BPTP Kalimantan Barat sebagai mediator menyampaikan kondisi pertanian padi di daerah tersebut sangat baik terbukti dengan hamparan sawah yang sangat luas kurang lebih 200 hektar namun perlu diberi sentuhan teknologi, baik dari alsintan maupun Varietas Unggul Baru (VUB) kepada petani. Harapan BPTP Kalimantan Barat, penggunaan varietas lokal 80% dan VUB 20% dapat dibalik menjadi penggunaan VUB 80% dan varietas lokal 20%. Hal ini bisa terealisasi dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, baik dari instansi daerah, penyuluh setempat, dan kemauan dari petani sendiri. Bantuan alsintan yang diberikan dari pemerintah berupa hand tractor dan rice transplanter begitu membantu proses tanam padi di Desa Kuala Dua dengan menyesuaikan kondisi tanah di daerah tersebut. Lebih lanjut Ibu Maria Lestari menyampaikan harapannya, kegiatan ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya hingga memberikan kesejahteraan bagi petani. Beliau juga berharap, bibit kelapa yang dihasilkan nantinya menjadi varietas unggulan dari Kalimantan Barat.
Dalam kesempatan ini diberikan pula produk-produk Eucalyptus Badan Litbang Pertanian kepada Bu Maria seperti roll on, in-haler, dan kalung. Diharapkan produk-produk ini dapat bermanfaat dalam mencegah virus COVID-19. Ibu maria Lestari, S. Pd juga mengunjungi lokasi Obor Pangan Lestari (OPAL) BPTP Kalbar. Kepala balai menyampaikan bahwa untuk mendukung kegiatan OPAL ini, sedang dilaksanakan gerakan Satu Juta Polybag yang polybag berisi sayuran ini nantinya akan dibagikan ke masyarakat.