JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kebersamaan Peneliti dan Peyuluh dalam Melaksanakan Tugas di BPTP Kalimantan barat

Halo sobat tani...
Menyambut weekend dengan kegiatan produktif, Sabtu (20/2) diadakan pertemuan oleh Kepala Balai Dr. Rustan Massinai bersama Peneliti-Penyuluh BPTP Kalimantan Barat. Dalam rangka merancang Anggaran Biaya Tambahan (ABT) Tahun 2021, maka penanggungjawab kegiatan beserta tim menyusun Kerangka Acuan Kerja (KAK), Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan Proposal Kegiatan. Pertemuan ini diawali dengan membahas rencana kerja oleh peneliti-penyuluh secara bersama di ruang rapat BPTP Kalimantan Barat. Rapat juga dihadiri Kasubbag TU Supangat, SE., Sub Koordinator Pelayanan Pengkajian dan Diseminasi Agus Subekti, S.P., M.P., Sub Koordinator Program Evaluasi dan Penelitian Dwi P. Widiastuti, Ph.D dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sri Sunardi, SST.
 
Kegiatan Litbang tahun 2021 di BPTP Kalimantan Barat difokuskan pada komoditas lokal spesifik lokasi seperti padi, jeruk, jagung, lada dan kelapa pada tiga payung kegiatan dengan penanggungjawab kegiatan Bapak Kepala BPTP Kalimantan Barat, kegiatan tersebut meliputi:
1. Bimbingan Teknis (Bimtek) di 4 Kabupaten untuk komoditas jeruk, lada, kelapa, dan jagung.
2. Pendampingan Penerapan Teknologi untuk 5 komoditas padi, jagung, jeruk, lada, dan kelapa. Dalam kegiatan pendampingan juga dilakukan Super Impose kegiatan pengkajian.
3. Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan.
Selain 3 kegiatan diatas, juga akan diusulkan kegiatan riset inovasi kolaborasi pengembangan khusus komoditas lada mulai dari perbenihan dan budidaya, sampai pascapanen.
 
Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut dilakukan penyusunan KAK dan RAB oleh Tim Peneliti-Penyuluh yang dikoordinir oleh:
1. Kegiatan Bimtek oleh Ir. Sari Nurita (Penyuluh)
2. Kegiatan Pendampingan Penerapan Teknologi oleh Dr. Muhammad Hatta (Peneliti)
3. Kegiatan Hilirisasi oleh Jhon David Haloho, S.T.P. (Peneliti)
4. Kegiatan Kolaborasi Lada dari Hulu sampai Hilir oleh Dr. Khojin Supriadi (Peneliti)
 
Lokasi kegiatan pendampingan akan dilakukan di Kabupaten Sintang dan Melawi dengan komoditas jagung dan lada, sedangkan di kabupaten Kuburaya dan Mempawah untuk komoditas kelapa dan jagung, di kabupaten Sambas dan Bengkayang untuk komoditas kelapa, lada dan jeruk. Khusus komoditas padi, pendampingan dilakukan di kabupaten Sanggau, Sambas dan Landak.