Kebun Percobaan Simpang Monterado Sebagai Show Window BPTP Kalimantan Barat

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh Dadan Permana Dilihat: 3949

Kebun Percobaan (KP) Simpang Monterado merupakan salah satu dari tiga Kebun Percobaan yang dimiliki BPTP Kalimantan Barat. Lokasi yang strategis berada diantara jalan menuju Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang menjadikan KP. Simpang Monterado mudah dijangkau dan banyak dilalui oleh pengguna teknologi baik yang  bermaksud bepergian kearah Kabupaten Bengkayang maupun Kearah Kota Singkawang.

 

KP. Simpang Monterado memiliki agroekosistem lahan kering dataran rendah, dengan jenis tanah ultisol, topografi bergelombang, tipe iklim A dengan curah hujan 2500 mm/tahun. Luas lahan yang dimiliki seluas 159,9 Ha. KP Simpang Monterado memiliki 1 buah bangunan kantor sebagai tempat kegiatan administrasi, 1 buah bangunan tempat pertemuan dengan kapasitas 70 orang, 1 buah gudang dan 1 buah bengkel. Sebagai sarana pengkajian KP. Simpang monterado dilengkapi dengan rumah kaca dan shade house.

 

KP. Simpang Monterado Sebagai tempat percontohan teknologi yang paling maju dilengkapi dengan Automatical Wheather Station (AWS) yaitu stasiun cuaca otamatis yang dirakit oleh BALITKLIMAT dan Hidrologi, semantara peran KP. Simpang Monterado Sebagai sarana pengkajian, pelaksanaan percobaan dan uji keragaan teknologi yang dihasilkan BPTP, lokasi KP sering dijadikan sebagai tempat uji adaptasi dan kegiatan pengkajian dimana salah satu kegiatannya adalah uji adaptasi beberapa jenis tanaman bawang merah pada lahan kering dataran rendah. Kegiatan lain yang sipatnya lintas pengkajian sering juga dilakukan di KP. Simpang Monterado salah satunya Litkaji yang dilakukan BPTP Kalbar dan BALITJESTRO Malang yaitu Pengkajian Aklimatasi bibit hasil Somatik Embriologi (SE) Beberapa Tanaman Jeruk Untuk Memenuhi Kebutuhan Batang Bawah. KP. Simpang Monterado berperan juga sebagai penghasil bibit tanaman varietas/klon unggul dimana dikembangkan pembibitan tanaman karet, pembibitan tanaman kelapa sawit kerjasama waralaba antara BPTP Kalimantan Barat dengan PPKS Medan, pembibitan tanaman lengkeng dan pembibitan tanaman jeruk. Kegiatan lain yang dilakukan di KP. Simpang Monterado diantaranya berperan aktif bekerjasama dengan lembaga/instansi lain di daerah dalam penyebaran informasi inovasi teknologi pertanian. Peran KP pada intinya adalah mendukung serta melaksanakan peran strategis dan sebagai unit pelaksana teknis BPTP Kalimantan Barat di daerah sehingga menjadikan Kebun Percobaan sebagai show window BPTP.