JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Bimtek Pupuk Organik Cair di KWT Taman Yasmin Pendampingan Kostratani Pontianak Utara

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Pupuk Organik (POC) berbahan dasar kotoran cair ternak sapi dan Pembuatan arang sekam. Bimtek dilaksanakan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Taman Yasmin Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak ( Kamis, 17 September 2020 ) . KWT Taman Yasmin merupakan wilayah binaan BPP Pontianak Utara yang merupakan salah satu BPP Model Kostratani di Kalimantan Barat. Pelaksanaan bimtek ini adalah dalam rangka pendampingan  oleh Tim BPTP Kalbar terhadap BPP Model Kostratani.

Sebelum melakukan bimtek, dilakukan pertemuan kelompok tani bertempat di rumah Ketua KWT, bernama Bu Nurijah. Hadir dalam pertemuan tersebut, Koordinator dan Pengelolan BPP Pontianak Utara (Sudarmanta), Penyuluh WKPP Siantan Hulu (Muhammad Rizal), Koordinator Pendampingan Kostratani untuk BPP Pontianak Utara (Didik Saefuddin Anshori) berserta tim (peneliti-penyuluh BPTP Kalbar) dan pengurus serta anggota KWT Taman Yasmin.

Acara pertemuan diawali dengan pembukaan oleh Penyuluh WKPP Siantan Hulu, dilanjutkan dengan sambutan dari DR. Khojin Supriadi mewakili Tim Pendampingan Kostratani BPTP Kalbar, dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator dan Pengelola BPP. Dalam sambutannya, Pak Khojin menyampaikan tentang maksud dan tujuan pertemuan kelompok dan pelaksanaan bimtek, sekaligus memperkenalkan anggota tim pendampingan kostratani dari BPTP Kalbar.

Sementara itu, Pak Sudarmanta menyampaikan tentang profil KWT Taman Yasmin, dimana KWT tersebut merupakan salah satu kelompok pelaksana Program KRPL di Kota Pontianak. Selain itu KWT Taman Yasmin juga harusnya merasa beruntung karena telah menjadi salah satu kelompok terpiliih yang didampingi oleh tim BPTP Kalbar, dimana didalam tim tersebut terdapat peneliti dan penyuluh dengan multi disiplin ilmu yang memang diperlukan oleh kita semua, ada disiplin ilmu pertanian, peternakan, hama dan penyakit tanaman, dan kelembagaan.

Penyampaian materi tentang Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman pada Sayuran terutama sayuran di lahan pekarangan, mengawali kegiatan Bimtek di KWT Taman Yasmin. Materi tersebut disampaikan oleh DR. Khojin Supriadi. Selanjutnya dilakukan demontrasi cara Pembuatan Pupuk Organik (POC) berbahan dasar kotoran cair (urine) ternak sapi, dilanjutkan dengan demontrasi cara pembuatan arang sekam.

Kegiatan bimtek berjalan dengan lancar dan anggota KWT Taman Yasmin pun mengikuti dengan sangat antusias. Beragam pertanyaan disampaikan oleh peserta bimtek dan langsung dijawab oleh pemateri yaitu Didik Saefuddin Anshori, STP. Kegiatan bimtek diakhiri dengan foto bersama.