JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

BPTP Kalimantan Barat Siap Mendukung Pembangunan Pertanian Kabupaten Landak

Dusun Kalimue / Oto Ledang, Desa Keranji Paidang, Kabupaten Landak  merupakan salah satu wilayah pendampingan dan bimbingan teknologi SL-PTT padi oleh BPTP Kalimantan Barat. Berkenaan dengan hal tersebut, pada 28 Pebruari 2011 dilaksanakan temu lapang panen padi dalam rangka menuju IP Padi 300. Acara Temu lapang panen dilakukan di kelompok tani Sinedes yaitu di dusun Kalimue/Oto Ledang, desa Keranji Paidang, kecamatan Sengah Temila, kabupaten Landak.  Acara ini dihadiri oleh Bupati Adrianus dan kepala Dinas se Kabupaten Landak beserta seluruh jajaran instansi pemerintahan Kabupaten Landak dan kelompok tani.

Berkenaan dengan acara tersebut, BPTP Kalimantan Barat melalui Unit Alih Teknologi juga melakukan demo pengujian alat mesin pertanian yaitu Mower (alat panen) dan Appo (alat pengolah bahan organik) untuk mendukung pertanaman padi IP 300. Dalam rangka mempererat kerjasama antara BPTP Kalimantan Barat dengan pemerintah daerah kabupaten Landak, maka BPTP Kalimantan Barat menyerahkan secara simbolis kepada Bupati Adrianus benih Inpari 13, Inpara 3, Cibogo, Mekongga dan Inpari 4 serta buku berisi 200 teknologi Inovasi Badan Litbang yang tentunya untuk mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Landak.

Dalam kesempatan ini bapak Bupati Adrianus melakukan panen perdana pengujian varietas padi Dodokan dan Silugonggo yang merupakan varietas padi berumur pendek (90 hari) dalam rangka menuju  IP padi 300. Dari hasil panen secara ubinan dapat diukur produksi padi yaitu varietas padi Silugonggo 5,2 ton/ha dan varietas Dodokan 4,4 ton/ha.  Pemerintah Daerah Kabupaten Landak melalui sambutan Bupati Landak sangat mendukung adanya inovasi teknologi baru yaitu pengujian varietas padi yang berumur pendek  dan menyatakan kesediaannya untuk melakukan kegiatan pertanaman padi IP300 dengan mengharapkan pengawalan teknologi oleh BPTP Kalimantan Barat yang tentunya bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Landak.(Tyk)