JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Info Aktual

Menindaklanjuti koordinasi dan persiapan kegiatan Riset Teknologi Inovatif Pengembangan (RPIK) Jeruk di Kab. Sambas, Kalimantan Barat. Tim RPIK BPTP Kalimantan Barat melaksanakan Baseline Survey mendukung kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaannya Tim RPIK Balitjestro melaksanakan penelitian langsung di lapangan dan Tim dari BPTP Kalbar melakukan baseline survey.
Salah satu kegiatan produksi benih yang penting dalam mempertahankan mutu benih yang tinggi adalah rouging. Rouging perlu dilakukan dengan benar, mulai dari fase vegetatif sampai akhir pertanaman. Dengan rouging yang benar akan diperoleh benih bermutu dengan tingkat kemurnian genetik yang tinggi. Rouging adalah proses pemeriksaan kondisi tanaman di lapangan dan pembuangan tanaman yang tidak dikehendaki, yang memiliki ciru-ciri berbeda dengan tanaman utama yaitu gulma, tanaman species lain, tanaman varietas lain atau tanaman tipe simpang (off simpang).
Pagi ini (24/6) Kepala Balai, Dr. Rustan Massinai dan tim mengunjungi IP2TP Selakau yang lokasinya 157 km dari Kantor BPTP Kalbar. Kunjungan kali ini dilakukan untuk melihat progress pembukaan lahan yang rencananya akan dijadikan show window perkebunan kelapa dan jeruk.
Rabu (23/6), Tim RPIK Jeruk BPTP Kalimantan Barat bersama Tim Balitjestro Telekung melaksanakan pertemuan dalam rangka sosialisasi persiapan kegiatan baseline survey kegiatan RPIK Jeruk bertempat di kantor BPP Kec. Sambas Kab. Sambas. Pertemuan ini juga dihadiri koordinator BPP Kec. Sambas Bapak Yupi Aprianto, SST beserta para PPL kecamatan Sambas.
Rabu (23/6), Kepala Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Badan Litbang Pertanian, Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt. dan Tim melaksanakan kunjungan ke lokasi demfarm padi di Poktan Sinar Maju 2 Dusun Parit Madiun, Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap. Beliau melakukan pemantauan secara langsung lokasi demplot padi dan mengadakan pertemuan dengan petani kooperator setempat. Turut serta pada pertemuan tersebut peneliti/ penyuluh BPTP Kalbar Ir. Tuti Sugiarti, Didik Saifuddin S.T.P., dan M. Yanto, A.Md.