JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

UPSUS

Dukungan UPBS Dalam Mensukseskan Program PATB Kalbar Tahun 2018

Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) padi merupakan salah satu unit dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang bertugas memproduksi benih sumber padi serta mendiseminasikan, sehingga terjadi peningkatan adopsi dan penyebaran varietas unggul baru (VUB). Kegiatan perbanyakan benih sumber dilakukan bekerjasama dengan penangkar. Para penangkar dapat langsung mengamati performa VUB yang ditanam.

Penyerahan Bantuan Benih Padi Kepada Petani Kab. Kubu Raya

Selasa, 27 Maret 2018 UPBS BPTP Kalimantan Barat memberi bantuan benih padi VUB Inpari 41 kepada Poktan Karya Jaya, Desa Rasau Jaya Tiga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat sejumlah 100 Kg. Benih padi ini akan digunakan untuk persemaian di Bulan April 2018 untuk lahan seluas 100 Ha. Diharapkan dengan bantuan ini maka produktivitas padi di Kec. Rasau Jaya khususnya dapat meningkat.

Temu Lapang Perbanyakan Benih Jagung Hibrida Mendukung Wilayah Perbatasan Kabupaten Bengkayang

Komoditas jagung mempunyai peran yang sangat strategis, baik dalam sistem ketahanan pangan maupun perannya sebagai penggerak roda ekonomi nasional. Selain perannya sebagai pangan bagi sebagian masyarakat Indonesia, jagung juga   menjadi bahan baku pakan baik ternak maupun perikanan. Untuk mendiseminasikan hasil pengkajian, BPTP kalimantan Barat melakukan temu lapang panen jagung hibrida pada hari Kamis tanggal 8 Februari 2018. Lokasi kegiatan demplot perbanyakan benih jagung hibrida Desa Bange Kecamatan Sanggau Ledo dengan luasan 4 ha dengan ketua Kelompok Tani Sathia Tani.

Panen Raya di Lumbung Pangan Kalimantan Barat Tahun 2018

Kabupaten sambas merupakan salah satu kabupaten Lumbung padi di Provinsi Kalimantan barat dengan potensi lahan sekitar  639.570  Ha  dari total luas lahan di Kalbar  (14.680.702 ha), khusus di Kecamatan Tebas lahan pertanian sekitar  6300 Ha  dengan Indeks Pertanaman (IP) 133.33 Prpduksi 282432 ton GKG padi 169469 ton bila dijadikan beras. Tanggal 13 Februri 2018 diadakan panen raya padi di Desa Tebas Sungai Kec.Tebas. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, SH, MH, Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, Kapolres Sambas AKBP Cahyo Hadiprabowo,

Panen Raya Padi oleh Petani Modern di Desa Tebas Sungai

Tanggal 08 Februari 2018 bertempat di Desa Tebas Sungai, Kec. Tebas, Kabupaten Sambas dilakukan panen raya padi. Total luasan lahan padi di desa tersebut yaitu 485 ha, adapun luas lahan yang belum dipanen 455 ha, diperkirakan kegiatan panen tersebut akan selesai dalam waktu 1 minggu kedepan. Varietas padi yg ditanam yaitu Ciherang dan Cilosari. Dari hasil panen didapatkan Produktivitas, 4,5 ton/ha dengan harga Rp 4.500/kg GKP.