JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Teknologi Budidaya Kubis Dataran Rendah

Kubis (Brassica oleracea L.) merupakan jenis tanaman semusim atau dua musim. Bentuk daunnya bulat telur sampai lonjong dan lebar seperti kipas. Sistem perakaran kubis agak dangkal, akar tunggangnya segera bercabang dan memiliki banyak akar serabut.

Kubis dapat tumbuh pada dataran rendah sampai dataran tinggi. Pada umumnya kubis ditanam di daerah yang berhawa sejuk di dataran tinggi antara 800-1000 m dpl dan bertipe iklim basah, namun ada juga varietas kubis yang dapat ditanam di dataran rendah sekitar 0-200 m dpl. Pada dataran rendah kubis merupakan salah satu tanaman sayuran yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, karena peluang pasar yang terbuka lebar. Pertumbuhan optimum didapatkan pada tanah yang banyak mengandung humus, gembur, porus, pH tanah antara 6-7. Kubis dapat ditanam sepanjang tahun dengan pemeliharaan lebih intensif. Adapun waktu tanam kubis yang baik yaitu pada awal musim hujan atau awal musim kemarau.

 

Persiapan Benih Kubis

Pilihlah benih yang berkualitas agar kubis yang dihasilkan juga berkulitas. Benih kubis dataran rendah bisa didapatkan dengan membeli di toko pertanian. Kebutuhan benih kubis untuk luasan lahan 1 hektar adalah sebanyak 200-250 gram. Setelah benih didapat selanjutnya disterilisasi dengan cara direndam dalam air hangat (50oC) atau larutan fungisida/larutan Previcur N (1 cc/l) selama sekitar 30-60 menit. Buang benih yang mengapung kerena benih tersebut tidak berkualitas baik. Kemudian benih yang baik, direndam selama semalam atau sekitar 12 jam agar benih berkecambah.

 

fBagikan
190