JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Teknologi Pasca Panen Jeruk Siam Pontianak dan Keprok Teringgas

Pontianak merupakan salah satu daerah penghasil jeruk di Indonesia. Jeruk siam dan keprok terigas merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak dihasilkan di pontinak. Sebagian besar jeruk ini dipasarkan dalam kondisi segar sehingga penanganan pasca panen yang tepat diperlukan untuk menjaga kualitas kesegaran jeruk hasil panen para petani. Dengan menerapkan teknologi pasca panen hasil penelitian para peneliti BPTP Kalimantan Barat ini diharapkan jeruk hasil panen para petani mempunyai daya simpan lebih dari 15 hari.

Teknologi pasca panen yang dianjurkan adalah sebagai berikut :

 1. Cara pemetikan.

Pemetikan jeruk  harus dilakukan dengan baik  dan pada waktu  yang tepat. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat pemetikan buah jeruk antara lain adalah : 1) Jangan memetik jeruk sebelum embun pagi lenyap, 2) Tangkai buah yang terlalu panjang harus dipotong dengan gunting yang tajam dan disisakan sekitar 1 – 2 cm dari buah, 3) Usahakan agar buah jeruk tidak jatuh agar daging buah dan kulitnya tidak rusak, 4) Pemetikan buah jeruk pada pohon yang tinggi harus menggunakan tangga agar cabang dan ranting tidak rusak. Maka setiap pemetik  harus membawa keranjang atau kantong yang dapat diikat pada leher,  dan 5)  Jangan  memetik buah jeruk  dengan cara memanjat pohon, karena cara ini dapat merusak pohon  (Lucki Hartanti,  2004).

Cara pemetikan dengan menyisakan tangkai buah sekitar 1-2 cm berdasarkan hasil pengkajian baik untuk dilakukan karena dapat mengurangi respirasi sehingga dapat memperpanjang umur daya simpan.

2. Cara Penyimpanan.

Penyimpanan pada suhu rendah (10 C) yang disertai dengan pelapisan lilin berdasarkan hasil kajian terbukti dapat menunda/memperlambat proses kematangan buah, yang terlihat secara nyata dengan lambatnya penurunan Susut Bobot, Diameter,  Kadar Asam dan Vitamin C jika dibandingkan dengan tanpa perlakuan palapisan lilin

3. Cara Pengemasan.

Pengemasan Jeruk Siam Pontianak dan jeruk Keprok Terigas yang telah diberi lapisan lilin kemudian dikemas dengan kantong plastik dan disimpan pada suhu rendah berdasarkan hasil kajian terbukti dapat mempertahankan mutu dan memperpanjang umur daya simpan lebih dari 15 hari.