JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Variabilitas Durian Unggul Lokal Kalimantan Barat

Kalimantan Barat dikarunia plasma nutfah tanaman durian yang sangat kaya dan beragam. Tanaman durian  umumnya tumbuh di hutan maupun di kebun/ladang milik petani.  Di Kalimantan Barat,  durian merupakan tanaman buah yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan dijual dengan harga Rp.10.000,- - Rp.100.000,-/buah, tergantung pada ukuran dan kwalitas buah.

Dari hasil inventarisasi dan eksplorasi yang telah dilakukan di peroleh informasi bahwa tanaman durian terbaik di Kalimantan Barat ada di Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Bengkayang. Palsma nutfah tanaman durian yang ada pada saat ini terancam tererosi karena adanya kegiatan penebangan pohon durian untuk bahan bangunan, adanya konversi lahan untuk kepentingan lain seperti perkebunan sawit, perumahan, inprastruktur dan lain-lain, serta matinya pohon durian akibat tua atau tersambar petir.

 

Upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan keberadaan plasma nutfah durian di Kalimantan Barat adalah dengan melakukan konservasi baik melalui konservasi insitu (mempertahankan kelestarian durian di habitat asalnya) maupun melalui konservasi eksitu (mempertahankan kelestarian durian di luar habitat asalnya) dengan membentuk kebun koleksi. Berdasarkan hasil inventarisasi yang dilakukan di Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Bengkayang di peroleh variabilitas durian unggul lokal yaitu durian jemungko kuning, durian jemungko putih, durian tembaga beduai, durian hijau, durian kuning angken 1, durian kuning angken 2, durian nyaman, durian tembaga, durian kunyit, durian parang, durian balening, durian pak pi, durian djisamsu, durian kalempeng.

Di bawah ini merupakan gambar sampel beberapa durian: